Tekno  

Perselisihan Hak Cipta Berlanjut, TikTok Bakal Hapus Lebih Banyak Lagu Artis Universal Music

Perselisihan terkait hak cipta antara TikTok dan Universal Music Group (UMG) yang terus menemui jalan buntu, memaksa platform video pendek milik ByteDance menghapus lebih banyak musik dari aplikasinya.

Sebelumnya, TikTok sudah menghapus sejumlah lagu dari artis UMG, termasuk lagu-lagu dari superstar seperti Taylor Swift, Billie Eilish, dan The Weeknd.

Kebuntuan tersebut kini berdampak pada lagu-lagu yang diterbitkan oleh UMG, dengan jutaan lagu lainnya diperkirakan akan dibisukan di TikTok pada akhir minggu ini.

Langkah terbaru dalam kasus ini juga ikut mempengaruhi karya seniman yang telah bermitra dengan penulis lagu yang terikat kontrak dengan Universal Music Publishing Group (UMPG). Karena masalah yang disebut “hak cipta terpisah”, jika penulis yang dikontrak UMPG telah berkontribusi pada sebuah lagu dengan cara apa pun, lagu tersebut mungkin harus dihapus dari TikTok.

Artis yang pernah berkolaborasi dengan Swift, Adele, Justin Bieber, Mariah Carey, Ice Spice, Elton John, Harry Styles, dan SZA, mungkin akan mendapati lagu mereka menghilang dari TikTok dan dibisukan di video yang saat ini menggunakan lagu tersebut.

Langkah ini akan mencegah lebih banyak artis memasukkan karya mereka ke salah satu platform paling penting untuk mempromosikan musik tersebut.

Menurut BBC, UMG menghapus sekitar tiga juta lagu dari TikTok setelah kesepakatan mengenai katalog rekamannya berakhir.

Kesepakatan UMG dengan TikTok mengenai katalog penerbitannya (yang mencakup sekitar empat juta lagu) akan berakhir akhir pekan ini, yang mana pada saat itu semua lagu yang relevan dapat hilang dari layanan video pendek tersebut.(Sumber)