Red Bull Sarankan Ferrari Segera Carikan Kursi di F1 2025 Untuk Wonderkid-nya, Oliver Bearman

PENASIHAT Tim Red Bull Racing, dr. Helmut Marko, memberikan pujian kepada pembalap muda Scuderia Ferrari, Oliver Bearman, setelah tampil kuat dalam debutnya di F1 GP Arab Saudi 2024. Ia pun menyarankan Fred Vasseur untuk segera mencarikan tim bagi pembalap cadangan mereka itu di F1.

Seperti diketahui, Bearman dipanggil ke tim utama Ferrari setelah Carlos Sainz Jr didiagnosa menderita radang usus buntu dan harus menjalani operasi tepat menjelang GP Arab Saudi 2024. Namun, meski hanya mengikuti satu sesi latihan, pembalap berusia 18 tahun itu langung tampil mengesankan.

Bearman nyaris masuk ke Q3 meski akhirnya harus puas start dari posisi 11. Kemudian, ia membalap dengan sangat apik dalam lomba di Sirkuit Jeddah Corniche hingga bisa finis di posisi tujuh.

Yang lebih mengesankannya lagi, pembalap asal Inggris tersebut baru kali pertama mencicipi mobil F1 milik Ferrari. Alhasil, banyak pihak yang memuji penampilan debutnya tersebut, tak terkecuali Marko yang menilai performanya sangat sensasional.

“Saya pikir debut Bearman di Ferrari sangat sensasional. Berkendara seperti itu di trek seperti Jeddah tanpa banyak latihan sungguh kuat,” kata Marko dilansir dari Racingnews365, Kamis (14/3/2024).

Namun, pria asal Austria itu melihat Tim Kuda Jingkrak sekarang bakal kesulitan untuk mendapatkan kursi bagi Bearman di F1. Sebab, Charles Leclerc baru saja menandatangani kontrak yang dilaporkan baru akan berakhir pada 2027.

Kemudian, pada tahun depan, Lewis Hamilton, akan bergabung dari Mercedes dengan kontrak multi tahun. Alhasil, Bearman nampaknya tak bakal masuk ke skuad utama Ferrari dalam waktu dekat. Oleh karena itu, Marko menyarankan Vasseur untuk segera mencarikan tim di F1.

“Kadang-kadang dia hampir mencapai level Charles Leclerc. Tapi apa yang akan dilakukan Ferrari sekarang? Mereka membeli Hamilton yang mahal, Leclerc memiliki kontrak jangka panjang, dan sekarang Bearman adalah talenta super,” jelas Marko.

“Jika saya adalah Fred Vasseur, saya akan segera mencarikan Bearman sebagai pembalap F1 di tim lain, di Haas misalnya. Sekarang mereka harus mengeluarkan uang lagi untuk melatihnya. Tim-tim saat ini relatif jenuh secara finansial, mereka akan membayar mahal untuk itu,” pungkasnya.

Menurut rumor, Ferrari akan menitipkan Bearman ke tim Haas pada F1 2025. Hal itu pernah dilakukan kepada Mick Schumacher yang merupakan bagian dari Ferrari Driver Academy pada 2021-2022.(Sumber)