News  

Bolehkah Sahur Dulu Baru Mandi Wajib Saat Masih Junub? Ini Hukumnya

Ibadah puasa di bulan Ramadan menjadi ibadah wajib yang dilakukan selama satu bulan penuh. Salah satu anjuran dalam menjalankan puasa Ramadan adalah tidak junub. Yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah boleh sahur dulu baru mandi wajib.

Tentunya untuk menjawab pertanyaan tersebut tidak bisa sembarangan, karena ini berhubungan dengan ibadah. Sehingga harus melihat Al-Quran, hadis, dan juga pendapat ulama.

Apakah Boleh Sahur Dulu Baru Mandi Wajib? Ini Jawabannya
Al-Quran dan hadis menjelaskan bahwa puasa Ramadan dianggap sah ketika memenuhi rukun dan juga syarat wajib puasa itu sendiri. Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan ada empat syarat sahnya.

Pertama harus Islam, selain itu harus berakal, baligh dan mampu berpuasa atau tidak sedang dalam keadaan sakit, musafir maupun hal lainnya yang menghalangi seseorang untuk berpuasa.

Dalam syarat wajib tersebut tidak ada yang menjelaskan mengenai ketentuan suci dari hadas besar maupun hadas kecil. Lalu apakah boleh sahur dulu baru mandi wajib?

Dikutip dari buku M. Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui karya Shihab (2008: 143) jawabannya adalah boleh dan puasa tetap sah. Hal tersebut juga didukung oleh beberapa hadis, salah satunya dari Aisyah ra dan Ummu Salamah, mereka berkata:

“Sesungguhnya Nabi Saw pernah ketika (selepas) waktu Subuh dalam keadaan junub dari jima, kemudian beliau mandi dan berpuasa dan Nabi tidak mengqadha puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Akan tetapi berdosa bila tidak mandi sebelum matahari terbit karena seorang muslim wajib salat subuh.

Dalam praktiknya, jika seseorang terbangun di akhir waktu malam dan mendapati dirinya masih dalam keadaan junub, maka disunahkan untuk segera sahur terlebih dahulu, karena waktu sahur sangat terbatas.

Setelah itu, barulah melakukan mandi wajib dengan niat untuk bersuci dari hadas besar. Penting untuk diingat bahwa mandi wajib tidak boleh ditunda-tunda, terutama jika waktu salat Subuh sudah dekat.

Oleh karena itu, setelah sahur, segeralah mandi wajib agar dapat melaksanakan shalat Subuh dan puasa dengan sah.

Jadi, jawaban dari pertanyaan apakah boleh sahur dulu baru mandi wajib adalah boleh. Karena keadaan junub tidak membatalkan puasa. Namun, disarankan untuk mandi wajib sebelum waktu salat subuh dimulai. (Sumber)