Pramudya Kusumawardana, Pebulutangkis Indonesia Yang Kini Persembahkan Banyak Gelar Untuk Australia

KISAH Pramudya Kusumawardana, pebulutangkis Indonesia yang kini sudah persembahkan banyak gelar untuk Australia akan diulas oleh Okezone di artikel ini. Mantan atlet ganda putra Pelatnas Indonesia, Pramudya Kusumawardana secara resmi mengganti bendera di dadanya dari merah putih menjadi Australia.

Hal itu bahkan sudah dikonfirmasi oleh BWF di mana statusnya saat ini telah menjadi atlet negeri Kanguru.

baca juga:

Comeback ke Lapangan, Pramudya Kusumawardana Wakili Australia di Finnish International 2024
Seperti diketahui, eks tandem Yeremia Rambitan itu memutuskan mundur dari Pelatnas pada Desember 2023 lalu. Ia mengungkapkan jika dirinya mundur karena ingin melanjutkan pendidikan di Australia.

Namun secara mengejutkan, selang beberapa waktu ia justru secara resmi diumumkan sebagai atlet dari Australia. Itu berarti, ada kemungkinan jika ganda putra yang akrab disapa Pram itu sudah merencanakan perpindahannya sejak jauh hari.

Pramudya Kusumawardana

Selama menjadi atlet bulutangkis Indonesia sendiri, Pram bukanlah seorang atlet tanpa prestasi. Selama bertandem dengan Yeremia Rambitan, Pram telah meraih banyak prestasi di level internasional

Diantaranya adalah menjadi juara Belgium International 2021, Spain Masters 2021, Kejuaraan Asia 2022, hingga SEA Games 2023. Bahkan di SEA Games 2023 ia mempersembahkan 2 medali emas sekaligus, yakni di nomor beregu dan juga perorangan.

Namun sejak 2022, Yeremia yang mengalami cedera parah membuat Pram sempat luntang-lantung berganti pasangan. Sempat comeback di SEA Games 2023, pasangan berjuluk Prayer ini gagal mempertahankan konsistensinya.

Hal inilah yang diduga menjadi latar belakang pengunduran diri Pramudya Kusumawardana dari Pelatnas.

Saat baru tiba di Australia, Pram sejatinya hanya berperan sebagai pelatih di sebuah klub bernama Elite Badminton Academy. Namun belakangan ini, dirinya diketahui juga ikut andil untuk bertanding sebagai seorang pemain.

baca juga:

Bukan Pramudya Kusumawardana, Ini Sosok Pebulutangkis Indonesia yang Bikin Chiharu Shida Kagum
Pramudya diketahui kerap ikut serta di turnamen-turnamen lokal Australia dan tercatat sudah memenangkan tiga gelar disana. Terbaru, ia meraih dua gelar di ajang Adelaide, Australia di nomor ganda putra dan campuran.

Di sektor ganda campuran, Pram diketahui berpasangan dengan Nozomi Shimizu. Ia merupakan eks tandem Erina Honda asal Jepang. Pasangan ini pernah meraih gelar Finnish Open 2019 atau yang kini telah berganti nama menjadi Arctic Open yang menjadi turnamen level Super 500.

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan

Itulah kisah Pramudya Kusumawardana, mantan pebulutangkis Indonesia yang kini sudah persembahkan banyak gelar untuk Australia.

(Sumber)