Nasrullo Kabirov Wasit Kontroversial Yang Sering Kena Hukuman di Negaranya Sendiri, Tajikistan

Nasrullo Kabirov, memiliki sejarah kontroversial meskipun statusnya merupakan sebagai seorang wasit yang berlisensi FIFA dan dipercaya ikut serta memimpin laga di Piala Asia U-23 2024.

Ketika memimpin pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Qatar U-23 dalam Piala Asia U-23 2024, dia membuat beberapa keputusan yang merugikan Timnas Indonesia.

Salah satunya adalah memberikan kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner, yang berujung pada kartu merah, serta terlihat enggan mengusir bek Qatar U-23, Saifeldeen Hassan Fadlalla, yang melakukan pelanggaran keras.

Ternyata, apa yang dilakukan oleh Nasrullo di laga tersebut bukan hal yang mengejutkan karena ternyata dia memiliki beberapa catatan kelam di masa lalu.

Masa Lalu Kelam

Pada 3 Januari 2015, media Tajikistan, Ozodagon, melaporkan bahwa Nasrullo Kabirov termasuk dalam daftar 12 pengadil pertandingan asal Tajikistan yang berlisensi FIFA.

Kabirov telah menjadi wasit FIFA sejak 2013, ketika usianya baru 28 tahun. Namun, dua tahun kemudian, ia diskors oleh Federasi Sepak Bola Tajikistan (FFT) setelah memimpin pertandingan di Liga Tajikistan.

Pada 15 Mei 2015, Departemen Wasit FFT menyimpulkan bahwa Nasrullo Kabirov tidak mampu mengendalikan disiplin pemain, jalannya pertandingan, dan waktu permainan berdasarkan laporan match commissioner.

Pada 2017, Kabirov kembali dibekukan oleh FFT dari Maret hingga Mei karena mendapat nilai D dari Komite Wasit FFT dalam pertandingan antara FC Istiklol dan Regar-TadAZ Tursunzoda di Piala FFT.

FFT menyatakan bahwa Kabirov membuat keputusan yang salah dan tidak memberikan hukuman yang tepat terhadap pelanggaran yang terjadi, yang memengaruhi hasil pertandingan.

“Sebagai konsekuensinya, Komite Wasit FFT mencabut lisensi wasit FIFA Nasrullo Kabirov hingga 10 Mei 2017,” kata FFT.

Pada tahun 2022, Kabirov dikenai hukuman lagi oleh FFT karena banyak kesalahan yang dilakukannya saat memimpin pertandingan antara FK Khujand dan FK Fayzkand di Liga Tajikistan, yang berujung pada kemenangan 3-0 untuk FK Khujand.

(Sumber)