Ini 10 Festival Musik Internasional Terbesar di Dunia: Woodstock Hingga Summerfest

Festival musik terbesar di dunia dalam daftar ini dihadiri oleh jutaan penonton setiap tahunnya karena menampilkan ratusan musisi papan atas mulai dari Rihanna hingga Paul McCartney.

Coachella Valley Music and Arts Festival telah hadir kembali sejak tanggal 12-14 April, dan masih akan berlanjut pada 19-21 April 2024.

Dihelat di Empire Polo Club, Indio, California, Coachella 2024 menampilkan sejumlah musisi besar seperti Tyler, The Creator, Lana Del Rey, dan Doja Cat dalam daftar headliner-nya.

Selain itu, ratusan musisi seperti The Rose, No Doubt, Sabrina Carpenter, DJ Snake, Peggy Gou, Yoasobi, hingga grup idol Kpop seperti Le Sserafim dan ATEEZ pun turut terdaftar dalam line-up panggung Coachella 2024.

Diketahui, di tahun ini Coachella juga kembali menggandeng YouTube sebagai partner media streaming eksklusifnya demi menghadirkan pengalaman festival dari rumah kepada para penggemarnya.

Untuk mendukung hal tersebut, YouTube bahkan memperkenalkan fitur multi-view yang memungkinkan pemirsa menyaksikan hingga empat pertunjukan Coachella secara langsung sekaligus sambil mendengarkan audio pilihan mereka.

Melalui platform YouTube, penggemar juga dapat menyaksikan cuplikan asli konser, konten-konten di balik layar, hingga merchandise eksklusif dari Coachella dan para headliner yang dapat dibeli langsung di YouTube Shopping.

Sebagai festival musik megah yang menampilkan deretan musisi-musisi papan atas internasional, apakah Coachella termasuk ke dalam festival musik terbesar di dunia?

Deretan Festival Musik Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah deretan festival musik terbesar di dunia yang harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup oleh para pecinta musik:

1. Donauinselfest

Donauinselfest
Festival Musik Terbesar di Dunia, Donauinselfest. (Sumber Foto: Jam Base)

Donauinselfest adalah festival musik terbesar di dunia dengan rata-rata 2 juta pengunjung setiap tahunnya, dan 3,1 juta pengunjung pada tahun 2016.

Diselenggarakan di sebuah pulau di tengah-tengah sungai Danube, Wina, festival musik ini merupakan surga bagi para pecinta musik karena digelar secara terbuka dan gratis selama tiga hari di setiap bulan Juni.

Donauinselfest juga adalah rumah bagi para seniman lokal dan internasional di seluruh Eropa karena menyajikan berbagai pertunjukan dari semua genre musik, mulai dari pop, rock, hip-hop, folk, metal, blues, EDM, hingga reggae.

Pada tahun 2019, Donauinselfest sukses menghadirkan 13 panggung dengan 600 jam musik dan 17 tema yang berbeda.

Kabarnya, meski diselenggarakan secara cuma-cuma, Donauinselfest selalu memperoleh keuntungan fantastis yang tidak terduga setiap tahunnya.

2. Mawazine

Festival Musik Terbesar di Dunia, Mawazine
Mawazine. (Sumber Foto: Mawazine Festival)

Mawazine adalah festival musik tahunan asal Maroko yang berhasil menghadirkan 2,65 juta penonton pada tahun 2015.

Digelar setiap bulan Juni, Mawazine awalnya dicetuskan oleh sekretaris pribadi Raja Mohammad IV sebagai penghormatan kepada musik Afrika. Kata Mawazine sendiri berasal dari bahasa Maroko yang memiliki arti ‘Ritme Dunia’.

Pada tahun 2013, festival musik ini juga pernah dicatat sebagai festival paling menghebohkan dengan 90 pertunjukan yang tampil di tujuh panggung dan total pengunjung hingga 2,5 juta orang.

Adapun artis-artis dunia kelas A yang pernah tampil di panggung Mawazine di antaranya adalah Justin Timberlake, Christina Aguilera, Whitney Houston, Iggy Azalea, David Guetta, dan masih banyak lagi.

Selain pertunjukan musik, Mawazine juga menampilkan berbagai promosi budaya Maroko kepada para pengunjungnya.

3. The Festival International de Jazz de Montreal

Festival Musik Terbesar di Dunia, The Festival International de Jazz de Montreal.
The Festival International de Jazz de Montreal. (Sumber Foto Jazz Festival Canada)

Jika Anda pecinta musik dengan aliran jazz, maka The Festival International de Jazz de Montreal adalah festival musik yang tidak boleh Anda lewatkan.

Festival musik yang diselenggarakan setiap tahun di Quebec, Kanada ini dicetuskan pertama kali pada tahun 1980-an dan selalu sukses menarik setidaknya 2 juta di setiap tahunnya.

Pada 2004, The Festival International de Jazz de Montreal bahkan dinobatkan sebagai festival musik jazz terbesar oleh Guinness World Record.

Diselenggarakan di jantung kota Montreal, festival ini biasanya berlangsung selama 10 hari dengan panggung indoor dan outdoor yang menampilkan ratusan musisi jazz ternama dari berbagai penjuru dunia.

4. Summerfest

Festival Musik Terbesar di Dunia, Summerfest
Summerfest. (Sumber Foto: Milwaukee Magazine)

Summerfest adalah festival musik yang sudah berlangsung sejak tahun 1968 di Milwaukee, Wincounsin, Amerika.

Selain pertunjukan musik, festival ini juga menyajikan pertunjukan komedi, bazaar, kembang api, pesta kuliner, hingga berbagai permainan luar ruangan hanya dengan tarif masuk sebesar 20 dolar atau setara dengan 323.240 rupiah saja.

Setiap tahunnya, festival musik yang diadakan selama 11 hari, mulai dari akhir Juni hingga awal Juli ini selalu berhasil menarik lebih dari 850.000 penonton dari seluruh penjuru dunia.

Musisi-musisi yang pernah tampil di Summerfest di antaranya adalah Red Hot Chili Peppers, Bob Dylan, Pink, dan Paul McCartney

5. Woodstock

Woodstock
Festival Musik Terbesar di Dunia, Woodstock. (Sumber Foto: Gettyimages)

Festival musik terbesar di dunia selanjutnya adalah Woodstock, atau biasa dikenal juga sebagai Festival Rock Bethel karena digelar di Bethel, New York.

Berlangsung setiap bulan Agustus, festival musik ini berhasil menorehkan sejarah dalam pertunjukan musik rock n roll dunia karena berhasil mengumpulkan hingga 750.000 penonton pada 2014.

Di luar musik rock, festival musik ini juga menghadirkan berbagai jenis penampilan musik lainnya seperti metal, pop, hingga musik rakyat atau folk.

Menariknya, meskipun termasuk sebagai salah satu acara dengan tingkat partisipasi yang tinggi di New York, festival ini tidak memungut biaya bagi para pengunjungnya, alias dapat dihadiri secara gratis.

6. Rock in Rio

Festival Musik Terbesar di Dunia, Rock in Rio
Rock in Rio (Sumber Foto: Rock Rage Radio)

Rock in Rio adalah festival musik dua tahun sekali di Rio de Janeiro, Brazil yang selalu berhasil menarik lebih dari 700 ribu penonton di tiap event-nya.

Meskipun memiliki nama Rock in Rio, nyatanya festival musik ini menampilkan berbagai genre musik lain selain musik rock dalam pertunjukannya, seperti pop, funk, EDM, dan lain sebagainya.

Dalam festival ini juga terdapat pesta kembang api dan pertunjukan-pertunjukan lain yang dapat mengguncang kota.

Red Hot Chili Peppers, Jessie J, Charlie Puth, hingga Drake adalah sederet musisi besar yang pernah tampil di Rock in Rio.

7. Sziget

Festival Musik Terbesar di Dunia, sziget
Sziget. (Sumber Foto: Daily News Hungary)

Sziget adalah festival seni paling terkenal di Eropa yang diselenggarakan setiap bulan Agustus di Budapest, Hongaria.

Dibuka pertama kali pada tahun 1993, hingga kini Sziget selalu berhasil menarik lebih dari 550 ribu orang setiap tahunnya.

Festival ini biasanya berlangsung selama tujuh hari dan menampilkan bukan hanya pertunjukan musik, tetapi juga sirkus, film, dan olahraga sekaligus.

Genre musik yang dimainkan di festival ini pun beragam, mulai dari jazz, rock, blues, dan lain sebagainya.

Artis-artis yang ditampilkan pun tak main-main. Sejumlah musisi besar seperti Rihanna, Muse, Sia, hingga Kendrick Lamar pernah tampil di panggung Sziget.

8. Coachella

coachella
Festival Musik Terbesar di Dunia, Coachella. (Sumber Foto: Gettyimages)

Bukan hanya terdaftar sebagai salah satu festival musik terbesar di dunia, Coachella juga merupakan festival musik paling terkenal dan paling menguntungkan di Amerika Serikat.

Selain menampilkan pertunjukan musik dengan berbagai macam genre, festival ini juga menampilkan pagelaran seni patung di dalamnya.

Coachella merupakan salah satu festival musik yang berlangsung cukup lama, yakni sekitar dua hingga tiga minggu.

Sederet artis besar dunia, mulai dari musisi Hollywood, K-Pop, hingga J-Pop pun dihadirkan untuk memeriahkan festival musik ini.

Festival yang digelar setiap bulan Juli di Indio, California ini, selalu berhasil mengumpulkan setidaknya 500 ribu penonton setiap tahunnya.

9. Essence

Essence
Essence. (Sumber Foto: NOLA Concert)

Essence adalah festival musik yang awalnya dibentuk pada tahun 1994 untuk merayakan ulang tahun ke-25 Majalah Essence yang merupakan majalah fashion wanita Afrika-Amerika.

Festival ini kemudian memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap industri fashion dan sejarah mode seiring perkembangannya sebagai festival musik budaya Afrika-Amerika terbesar di Amerika Serikat.

Tidak seperti festival sebelumnya yang menampilkan berbagai genre musik secara luas, Essence hanya menampilkan musik bergenre soul, gospel, blues, jazz, hip-hop, dan R&B.

Berlangsung setiap bulan Juli di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, festival musik ini memiliki kehadiran rata-rata hingga 500.000 orang setiap tahunnya.

10. Tomorrowland

Tomorrowland
Festival Musik Terbesar di Dunia, Tomorrowland. (Sumber Foto: Tomorrowland Festival)

Tomorrowland adalah festival musik terbesar di dunia bagi para penikmat Electronic Dance Music atau EDM dengan jumlah kehadiran hingga 400.000 orang setiap tahunnya.

Yang unik dari festival musik ini adalah, para penontonnya disediakan lahan camping yang cukup luas untuk tinggal dan menikmati acara selama dua akhir pekan.

Juli 2024 adalah perayaan 20 tahun festival musik yang terletak di Boom, Belgia ini.

Disebut-sebut, ada lebih dari 400 musisi EDM yang akan dijadwalkan tampil di peringatan 20 tahun festival tersebut, dengan David Guetta dan Tiësto sebagai bintang utamanya.