8 Pebulutangkis Kebanggaan Indonesia Yang Pernah Sabet Medali Emas Olimpiade

DERETAN pebulutangkis kebanggaan Indonesia yang pernah sabet medali emas Olimpiade menarik untuk diulas. Pasalnya, ajang olahraga terbesar di dunia ini akan segera kembali digelar.

Seperti diketahui, Olimpiade Paris 2024 akan sudah ada di depan mata. Ajang pesta olahraga 4 tahunan ini akan digelar pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 mendatang dengan kota Paris sebagai tempat penyelenggaraannya.

Total, akan ada 329 nomor dari 32 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Bulutangkis nantinya akan menjadi olahraga yang akan sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia.

Indonesia sendiri memiliki 6 wakil untuk cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Paris 2024. Di sektor tunggal putra, Indonesia memiliki nama Jonatan Christie dan juga Anthony Ginting. Kemudian di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung akan mewakili Indonesia.

Di semua sektor ganda, Indonesia juga memiliki perwakilan. Diantaranya adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk ganda putra, Apriani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti di ganda putri, serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di sektor ganda campuran.

Bulutangkis tentunya akan menjadi olahraga yang diharapkan dapat menyubangkan medali emas. Pasalnya, atlet-atlet yang masuk ke dalam Olimpiade ini merupakan atlet andalan Indonesia yang telah banyak meraih prestasi.

Selain itu, bulutangkis merupakan olahraga yang rutin menyumbangkan medali emas di Olimpiade sejak tahun 1992. Tercatat, hanya pada Olimpiade London 2012 Indonesia gagal meraihnya.

Berikut adalah daftar 8 pebulutangkis kebanggaan Indonesia yang pernah sabet medali emas di ajang Olimpiade.

8. Susy Susanti – Olimpiade Barcelona 1992

Susy Susanti

Legenda tunggal putri Indonesia, Susy Susanti menjadi pebulutangkis pertama yang mempersembahkan medali emas Olimpiade untuk Indonesia. Ia menyabst medali tersebut di Olimpiade Barcelona pada tahun 1992.

7. Alan Budikusuma – Olimpiade Barcelona 1992

Alan Budikusuma

Pada edisi yang sama, Alan Budikusuma juga sukses meraih medali emas di Barcelona. Dengan kata lain, di Olimpiade Barcelona 1992 Indonesia sukses mengawinkan medali emas untuk sektor tunggal putra dan putri.

6. Rexy Mainaky/Ricky Subagja – Olimpiade Atlanta 1996

Rexy Mainaky/Ricky Subagja

Empat tahun berselang di Olimpiade Atlanta 1996, Indonesia kembali berhasil meraih medali emas. Namun kali ini, medali tersebut datang dari sektor ganda putra yang dipersembahkan oleh pasangan Rexy Mainaky dan juga Ricky Subagja.

5. Tony Gunawan/Candra Wijaya – Olimpiade Sydney 2000

Tony Gunawan

Sektor ganda putra kembali sukses mempersembahkan medali emas di ajang Olimpiade Sydney tahun 2000. Kali ini, giliran pasangan Tony Gunawan dan Candra Wijaya yang sukses menyabetnya.

4. Taufik Hidayat – Olimpiade Athena 2004

Taufik Hidayat

Setelah pada dua edisi diraih oleh ganda putra, pada Olimpiade Athena 2004 Indonesia kembali meraih medali emas dari sektor tunggal putra. Kali ini, nama Taufik Hidayat yang sukses meraihnya dengan sangat gemilang.

3. Markis Kido/Hendra Setiawan – Olimpiade Beijing 2008

Markis Kido/Hendra Setiawan

Pada Olimpiade Beijing 2008, bulutangkis Indonesia kembali meraih medali emas melalui sektor ganda putra. Pasangan Markis Kido dan Hendra Setiawan sukses meraih keberhasilan ini dengan sangat luar biasa.

2. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir – Olimpiade Rio De Janeiro 2016

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Pada Olimpiade London 2012, Indonesia harus menelan pil pahit karena gagal total meraih medali di olahraga bulutangkis. Namun di edisi berikutnya, yakni Olimpiade Rio De Janeiro 2016, Indonesia kembali meraih kejayaan itu.

Pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir sukses menumbangkan pasangan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang membuat mereka meraih medali emas pertama untuk Indonesia sepanjang sejarah di sektor ganda campuran.

1. Greysia Polii/Apriani Rahayu – Olimpiade Tokyo 2020

Greysia Polii/Apriyani Rahay

Empat tahun berselang, tepatnya di Olimpiade Tokyo 2020 Indonesia kembali mengukir sejarah meraih medali emas Olimpiade pertama untuk sektor ganda putri. Pasangan Greysia Polii/Apriani Rahayu menjadi yang sukses meraihnya setelah menumbangkan pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di partai final.

Itulah 8 pebulutangkis kebanggaan Indonesia yang pernah sabet medali emas di ajang Olimpiade. Selain nama-nama tersebut, sejatinya ada nama Rudy Hartono dan pasangan ganda putra Ade Chandra/Christian Hadinata yang meraih medali emas di Olimpiade 1972. Namun kala itu, bulutangkis masih sebatas demonstration sport.

Menarik menantikan ada pebulutangkis Indonesia yang akan meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

(Sumber)