Wisata  

10 Kota Yang Nyaman Bagi Para Pensiunan: Solo Hingga Wonosobo

Pulau Jawa memiliki banyak wilayah yang dinobatkan sebagai kota pensiunan terbaik, karena masih memiliki udara segar dan pemandangan yang masih asri.

Mendekati masa berakhir pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 20 Oktober mendatang, banyak masyarakat yang penasaran dengan nominal uang pensiun yang didapat presiden.

Secara teori, presiden termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), seharusnya presiden mendapat uang pensiun dan tunjangan yang sama seperti ASN lainnya.

Tapi, mengingat presiden dan wakil presiden merupakan jabatan tertinggi di negara, maka ketentuan uang pensiun yang didapat bisa berbeda dengan ASN, sesuai Undang-Undang (UU)  No 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden, serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

Menurut peraturan tersebut, presiden dan wakilnya menerima uang pensiun yang setara 100 persen gaji pokok terakhir.

Dikutip dari berbagai sumber, gaji Presiden RI saat ini, mencapai Rp30,2 juta dengan tunjangan bulanan Rp32,5 juta.

Namun setelah pensiun, presiden dan wakil presiden hanya menerima uang pensiun tanpa tunjangan. Meski demikian, presiden berhak mendapat tunjangan berupa rumah beserta cakupan biaya-biaya kebutuhan rumah tangga lainnya dari negara.

Rekomendasi Kota Nyaman untuk Menikmati Masa Pensiun

Berbicara tentang masa pensiun, masyarakat memprediksi Jokowi akan menikmati masa tuanya di kampung halamannya (Solo), atau bahkan IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Benar saja, naga-naganya Jokowi akan memilih pensiun di Desa Gajahan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Terlepas itu kampung halamannya atau bukan, Jawa Tengah terkenal sebagai kota yang paling nyaman untuk para pensiunan.

Selain Jawa Tengah, masih banyak kota-kota lain yang menawarkan lingkungan yang aman dan asri, cocok untuk kehidupan para pensiunan, atau orang tua.

Bagi yang sedang membuat perencanaan pensiun di masa depan, mari simak beberapa kota di Indonesia yang terkenal sangat nyaman untuk pensiunan berikut ini.

1. Solo, Jawa Tengah

Kota pensiun terbaik, Solo, Jawa Tengah
Kota pensiun terbaik, Solo, Jawa Tengah 

Kota ternyaman untuk menghabiskan masa tua atau pensiun pertama, adalah Kota Solo.

Selain faktor penduduk yang ramah dan biaya hidup yang relatif murah, gaya hidup warga di kota ini, terhitung cukup lambat. Tidak secepat kota-kota besar seperti di Jakarta.

Fasilitas publik yang tersedia di kota ini, cukup lengkap. Mulai dari tempat hiburan kebudayaan, transportasi umum yang baik, hingga fasilitas kesehatan yang cukup memadai.

2. Kulon Progo, Yogyakarta

Kulon Progo, Yogyakarta
Kulon Progo, Yogyakarta 

Selanjutnya adalah Kulon Progo, sebuah kabupaten yang ada di Kota Yogyakarta.

Kawasan ini menjadi kota pensiunan ternyaman yang dipilih banyak orang Indonesia. Di sini banyak tempat wisata alam berupa pantai, air terjun, sungai, dan masih banyak lainnya.

Berkat banyaknya tempat wisata itu, dijamin anak-cucu di masa depan pasti akan sering mengunjungi Anda di waktu liburan.

3. Salatiga, Jawa Tengah

Salatiga, Jawa Tengah
Salatiga, Jawa Tengah 

Salatiga adalah kota kecil yang berada di kaki Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo.

Itulah sebabnya, kota ini dipilih sebagai kota ternyaman karena masih memiliki udara yang sejuk, bersih, dan lingkungan yang masih asri.

Untuk sebuah kota kecil, fasilitas publik di Salatiga terhitung cukup lengkap, mulai dari puskesmas, rumah sakit besar, pusat perbelanjaan, hingga perguruan tinggi.

4. Majalengka, Jawa Barat

Majalengka, Jawa Barat
Majalengka, Jawa Barat 

Majalengka menjadi salah satu kota pensiun ternyaman karena dikelilingi gunung-gunung besar, lembah subur, dan pemandangan alam yang sangat asri.

Masyarakat Majalengka masih melestarikan kesenian tradisional seperti angklung bambu gede (ABG) dan wayang golek cepot rancag (WCR).

Sebagai pendatang dari latar belakang yang berbeda, Anda bisa bersosialisasi dengan penduduk setempat dan menghabiskan waktu pensiun dengan belajar budaya dan tradisi Sunda yang sangat dicintai oleh masyarakat Majalengka.

5. Banyuwangi, Jawa Timur

Banyuwangi, Jawa Timur
Banyuwangi, Jawa Timur 

Selanjutnya Banyuwangi yang dikenal dengan julukan “The Sunrise of Java”.

Banyuwangi memiliki banyak tempat yang menyajikan keindahan alam yang sangat menawan, mulai dari Gunung Ijen, Pantai Pulau Merah, hingga Taman Nasional Alas Purwo.

Bagi Anda atau orang tua yang sedang mencari kota dengan kawasan yang masih asri, Banyuwangi bisa menjadi pilihan yang tepat.

6. Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo, Jawa Tengah
Wonosobo, Jawa Tengah 

Wonosobo adalah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan Dataran Tinggi Dieng.

Kawasan ini masih memiliki udara yang sejuk, bersih, dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Menariknya, kota ini sering mengadakan banyak festival budaya yang khas dan menarik, seperti Ritual Ruwatan Anak Kembar, Festival Jazz Dieng, dan Festival Lampion Dieng.

Untuk fasilitas umum, Wonosobo memiliki fasilitas rumah sakit, pasar tradisional, dan pusat kuliner.

7. Malang, Jawa Timur

Kampung pelangi di Malang, Jawa Timur
Kampung pelangi di Malang, Jawa Timur 

Bagi yang senang dengan udara dingin, maka Malang bisa menjadi tempat terbaik untuk pensiun. Kota ini dikelilingi banyak wisata alam menarik, seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru, Pantai Balekambang, dan kota-kota kecil dengan keunikan dan sejarah yang menarik.

Selain cocok dijadikan tempat pensiun, Malang juga sangat cocok untuk keluarga atau mahasiswa perantau.

Sebab, kota ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari kota modern, mall, hotel, universitas, taman rekreasi, hingga jajanan kuliner lezat dengan harga terjangkau.

8. Ubud, Bali

Ubud, Bali
Ubud, Bali 

Selain terkenal sebagai destinasi wisata ternyaman, Ubud juga menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan hari tua.

Seperti yang kita tahu, Ubud memiliki suasana tenang dan asri yang dikelilingi oleh pemandangan alam yang menakjubkan.

Kota ini juga masih kental dengan budaya yang unik dan sering melakukan banyak kegiatan seperti ritual, tradisi, festival, dan lain-lain.

Dengan banyaknya kegiatan itu, Anda bisa memanfaatkan waktu kosong untuk mempelajari budaya, kesenian, dan tradisi baru.

9. Kintamani, Bali

Kintamani, Bali
Kintamani, Bali 

Kintamani adalah daerah dataran tinggi di Pulau Bali, dimana wilayah ini didominasi oleh lahan pertanian berupa kembang kol, tomat, dan jeruk.

Penduduk desa Kintamani masih menjalankan tradisi dan budaya leluhur. Salah satunya adalah menjaga ketentraman dan kerukunan antar warga.

Dengan perpaduan pemandangan alam, kesejukan, dan kehangatan masyarakat, Kintamani bisa menjadi kota pensiun terbaik di Indonesia.

10. Nagari Pariangan, Padang

Kota pensiun terbaik, Nagari Pariangan, Padang
Kota pensiun terbaik, Nagari Pariangan, Padang 

Nagari Pariangan adalah salah satu desa yang berlokasi di Lereng Gunung Marapi, Padang.

Menurut laman Travel Budget 2012, Desa Nagari Pariangan merupakan salah satu desa terindah di Indonesia karena masih dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri dan udara yang sangat segar.