Wisata  

Ini 8 Kota Santri di Indonesia Yang Cocok Untuk Destinasi Wisata Religi

Dalam perjalanan wisata, aktivitas religi seringkali menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan spiritual dan budaya suatu tempat. Indonesia sendiri memiliki banyak destinasi wisata religi yang memikat.

Salah satunya keberadaan kota-kota yang dijuluki sebagai Kota Santri. Kota-kota ini gak hanya menjadi pusat pendidikan Islam yang terkenal, tetapi juga menawarkan pengalaman spiritual yang mendalam bagi para wisatawan yang ingin mendalami ajaran Islam.

Ada beberapa wilayah di Indonesia yang dijuluki sebagai Kota Santri. Kota-kota ini cocok untuk alternatif destinasi wisata religi, khususnya saat Ramadan dan libur Lebaran.

1. Jombang

8 Wilayah yang Dijuluki Kota Santri, Cocok untuk Wisata ReligiPondok Pesantren Tebuireng Jombang 

Jombang, Jawa Timur, dijuluki Kota Santri, karena memiliki banyak pesantren. Tak heran jika jumlah santri di sana mencapai ribuan orang.

Selain itu, beberapa tokoh nasional terkemuka lahir di Jombang, seperti K.H. Wahid Hasyim, K.H. Hasyim Asyari, hingga Presiden ke-4 Indonesia K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

2. Kediri

8 Wilayah yang Dijuluki Kota Santri, Cocok untuk Wisata ReligiMаѕjіd Agung Kota Kediri 

Kediri, Jawa Timur, memiliki banyak pesantren besar dan terkenal. Bahkan, beberapa pesantren yang ada di Kediri masuk ke dalam daftar pesantren terbaik di Jawa Timur, seperti Alfalah Ploso, Lirboyo, dan Kwagean.

3. Tuban

8 Wilayah yang Dijuluki Kota Santri, Cocok untuk Wisata ReligiMasjid Agung Tuban 

Kota Santri selanjutnya adalah Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Ada beberapa pesantren yang cukup terkenal di Tuban. Salah satu yang terkenal adalah Langitan, pesantren salaf yang menggunakan metode tradisional. Selain itu, ada pula salah satu Wali Songo yang dimakamkan di Tuban, yakni Sunan Bonang.

4. Cianjur

8 Wilayah yang Dijuluki Kota Santri, Cocok untuk Wisata Religi
Masjid Agung Cianjur 

Cianjur, Jawa Barat, juga kental dengan masyarakat yang religius. Sebab, awalnya Cianjur memang dibangun oleh para ulama dan santri yang giat menyebarkan agama Islam. Selain itu, Cianjur juga memiliki tradisi mengaji yang dilakukan di berbagai pesantren.

5. Jember

8 Wilayah yang Dijuluki Kota Santri, Cocok untuk Wisata ReligiMasjid Roudhotul Muchlisin 

Jember, Jawa Timur, memiliki banyak pesantren yang tersebar hingga ke pelosok desa. Para santri yang menuntut ilmu di Jember berasal dari berbagai daerah. Ada Pondok Pesantren Al-Qodiri yang menjadi salah satu pesantren paling terkenal di sana.

6. Gresik

8 Wilayah yang Dijuluki Kota Santri, Cocok untuk Wisata ReligiIlustrasi Kota Gresik 

Gresik di Jawa Timur memiliki pesantren yang berusia cukup tua, yakni Ponpes Qomaruddin yang sudah ada sejak 1972. Ponpes ini telah menghasilkan para santri yang luar biasa. Tak hanya itu, Gresik juga memiliki dua makam Wali Songo, yakni Sunan Gresik dan Sunan Giri.

7. Pandeglang

8 Wilayah yang Dijuluki Kota Santri, Cocok untuk Wisata Religi
Alun-Alun Pandeglang 

Pandeglang di Banten terkenal dengan banyak pesantren dan ulama-ulama terkenal. Munculnya pondok pesantren baru di sana, baik tradisional maupun modern, tetap mempertahankan esensi dari pondok pesantren.

8. Kudus

8 Wilayah yang Dijuluki Kota Santri, Cocok untuk Wisata Religi
Masjid Menara Kudus 

Kudus, Jawa Tengah, sangat kental dengan tahfidz Quran. Gak hera kalau banyak orang yang ingin menghafal Al-Qur’an datang ke Kudus. Salah satu pesantren yang terkenal di Indonesia adalah Pesantren Yanbu’ul Qur’an. Pesantren ini banyak melahirkan tahfidz Al-Qur’an yang berkualitas.

Itu dia beberapa wilayah di Indonesia yang dijuluki sebagai Kota Santri. Semoga informasi ini bisa membantu kamu mencari pilihan wisata religi untuk liburan saat Ramadan atau Lebaran nanti, ya.