Bamsoet Minta Kemenkeu Evaluasi Ditjen Bea Cukai: Perbaiki Kinerja! Kembalikan Kepercayaan Masyarakat!

Evaluasi kerja menjadi harga mati yang harus dilakukan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan di tengah beragam polemik dan kritik publik belakangan ini.

“Kemenkeu melalui Ditjen Bea dan Cukai untuk mengevaluasi kasus yang belakangan ini terjadi dan berkomitmen penuh memperbaiki kinerja dengan meminimalisir ruang celah pelanggaran atau hal-hal yang merugikan masyarakat,” kata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam keterangannya, Selasa (7/5).

Perbaikan kinerja penting demi mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga di bawah Kemenkeu ini.

Ditegaskan Wakil Ketua Umum Golkar ini, Ditjen Bea Cukai harus tetap fokus pada tugas dan fungsi utama, yakni membantu persoalan keuangan, fiskal, hingga menjaga stabilitas negara dari krisis ekonomi dunia.

“Tingkatkan pengawasan terhadap petugas di lapangan agar mencegah kecurangan oknum pegawai,” lanjut Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo.

Di sisi lain, ia juga meminta agar pemerintah dapat memberikan sanksi tegas kepada para oknum yang terbukti melakukan pelanggaran hingga merugikan masyarakat.

“Pemerintah juga harus menyosialisasikan ketentuan dan aturan terkait tagihan pajak dari Bea dan Cukai. Dengan demikian, masyarakat paham aturan,” tutupnya.

(Sumber)