Akbar Tandjung: Bisa Saja Jokowi Rekrut Menteri Dari Luar Partai Koalisi

Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung mengatakan, kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin bisa saja diisi oleh kader di luar partai politik pendukung mereka pada Pilpres 2019.

Sebab, pembentukan kabinet merupakan hak prerogatif Jokowi.

“Bisa tentu berasal dari partai politik yang menjadi pendukung dia. Tapi, bukan tidak mungkin juga bisa beliau mengambil dari luar partai pendukung,” ujar Akbar di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu (28/7/2019).

Menurut Akbar, Jokowi pasti akan memilih menteri sesuai kualifikasi yang sudah ditetapkan, seperti berpengalaman, berintegritas, memiliki kemampuan manajemen, hingga mampu mengeksekusi program-program pemerintah.

Akbar menilai kriteria yang ditetapkan Jokowi sangat tepat.

“Saya kira itu alasan-alasan yang amat tepat untuk merekrut seorang menteri. Dan tentu saja menteri yang diyakini mampu memberikan dukungan bagi suksesnya visi dan misi yang telah disampaikan oleh Pak Jokowi,” kata dia.

Saat ditanya soal jumlah kursi menteri yang layak didapat Golkar sebagai pemenang kedua Pemilu 2019, Akbar tidak menjawab. Dia menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada Jokowi.

“Kalau dari segi jumlahnya, tetap kita percayakan sepenuhnya kepada beliau karena itu hak prerogratifnya beliau,” ucap Akbar. [kompas]