Terbanyak Sepanjang Sejarah, F1 Musim 2020 Sajikan 22 Seri

Kompetisi balap mobil paling elite sejagad, Formula 1 (F1) diperkirakan akan menghadirkan 22 seri di musim 2020 menyusul akan dimasukkannya kembali GP Spanyol ke dalam kalender.

Selama ini, kompetisi balap mobil Formula 1 menghadirkan 21 seri sepanjang musimnya.

Namun, jumlah ini diperkirakan akan bertambah musim depan, seiring dengan akan dicapainya kesepakatan dengan penyelenggara GP Spanyol untuk kembali menggelar balapan F1 tahun depan.

Jika kata sepakat benar-benar tercapai, maka gelaran kompetisi F1 musim 2020 akan dilangsungkan di 22 sirkuit.

Jumlah ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah digelarnya balapan jet darat tersebut.

Dikutip Bolasport.com dari SpeedWeek.com, sekalipun belum ada pengumuman resmi dari penyelenggara F1, namun kesepakatan dengan penyelenggara GP Spanyol dikabarkan semakin dekat.

Politisi dari Catalunya, Meritxell Budo, mengonfirmasi hal ini.

“Kami sudah sepakat akan kembali menggelar balapan F1 di sirkuit Barcelona tahun depan,” ujar Budo.

Adapun GP Vietnam sudah pasti akan dimasukkan ke dalam kalender F1 musim depan, sementara Hockenheimring tidak akan menggelar balapan di musim 2020.

Jika GP Spanyol kembali diselenggarakan musim depan, dengan tambahan GP Belanda, akan ada 22 seri yang harus dilakoni para pembalap F1 musim depan.

Berhadapan dengan kemungkinan akan semakin padatnya jadwal balapan ini, bos Red Bull, Christian Horner meminta kru siap mengantisipasi kondisi.

“Penting untuk menjaga para pembalap dan kru tidak kelelahan,” kata Horner.

Kepala tim Haas juga mengomentari hal ini dengan mengatakan bahwa secara finansial akan berat bagi tim.

“Itu (tambahan balapan) tidak masuk akal secara finansial. Namun, jika pabrikan merasa itu baik-baik saja, maka kami akan setuju.”

Dengan GP Monako yang sudah pasti digelar pada 24 Mei 2020, GP Belanda dan GP Spanyol akan mengambil waktu antara tanggal 3, 10, atau 17 Mei 2020.

Sementara itu, seri ke-12 kompetisi F1 musim 2019 sedang berlangsung di Hungaroring dengan dua sesi latihan yang akan digelar hari ini, Jumat (2/8/2019).

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton telah menjadi yang tercepat di sesi FP1, disusul Max Verstappen (Red Bull) dan Sebastian Vettel (Ferrari).

Sesi balapan sendiri akan digelar pada Minggu (4/8/2019), mulai pukul 20.10 WIB. [bolasport]