News  

Anies Baswedan: Kenapa Semua Ingin Gabung ke Jakarta?

Wacana bergabungnya Kota Bekasi dan Depok ke Provinsi DKI membuat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan heran.

“Baiknya gimana yah? Kenapa pada ingin gabung? Kita maju bersama yah kita?” kata Anies di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

Anies mengatakan, penggabungan wilayah seperti yang diusulkan Depok dan Bekasi harus mengikuti dasar peraturan dari pemerintah pusat. Pihaknya pun mengaku akan mematuhi apapun keputusan pemerintah pusat soal wacana tersebut.

“Bagi saya, saya akan melihatnya secara konstitusional. Apabila pemerintah pusat memutuskan ada perubahan dalam pembagian tata pemerintahan, kami akan taat,” ujar Anies dilansir Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Kamis (22/8).

“Apabila pemerintah pusat merasa ini tetap seperti sekarang, kami juga taat,” imbuhnya.

Anies mengungkapkan, hingga kini masih menunggu dan menghormati situasi yang berkembang. Ia pun akan tetap menuruti jika pemerintah pusat memutuskan dua wilayah tersebut tetap berdiri sendiri.

“Bagi kami tidak perlu beropini, karena itu keputusannya bukan wewenang DKI, itu wewenangnya pusat. Tapi kalau sebagai proses, silakan saja. Saya tidak bisa menganjurkan, saya juga tidak bisa melarang,” tutup Anies. [rmol]