Superliga Junior 2019 Libatkan 13 Klub Lokal dan Mancanegara

Achmad Budiharto

Kejuaraan bulu tangkis beregu Superliga Junior 2019 segera bergulir pada 15-20 Oktober di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah. Turnamen ini akan memperebutkan empat piala dari dua kategori usia.

Superliga Junior 2019 akan kembali menggunakan format beregu Thomas-Uber pada kategori usia U-17 dan U-19. Sistem ini akan mempertandingkan lima partai yang terdiri dari tiga tunggal dan dua ganda.

Kategori U-19 akan memperebutkan Piala Liem Swie King untuk kategori putra dan Piala Susy Susanti untuk putri. Adapun untuk kategori U-17 memperebutkan Piala Hariyanto Arbi untuk putra dan Piala Yuni Kartika untuk putri.

Direktur Superliga, Achmad Budiharto, mengatakan kehadiran para atlet muda di Superliga Junior 2019 turut memacu proses regenerasi atlet muda.

“Turnamen beregu seperti Superliga Junior 2019 akan menguji mental pemain dalam format kejuaraan beregu. Diharapkan dari sini semua pemain yang berlaga bisa punya jam terbang tinggi saat harus berlaga di turnamen yang lebih besar,” kata Achmad pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Sebanyak 13 klub siap berlaga pada turnamen ini, termasuk dari luar Indonesia. Klub Indonesia yang berpartisipasi adalah PB Djarum, Exist Badminton Club, Mutiara Cardinal Bandung, Jatim United, Blibli.com Team, SGS PLN, Sarwendah Badminton Club, dan Jatim United.

Adapun tim mancanegara yang turut serta ialah Harimau Muda Team (Malaysia), Kumamoto Team (Jepang), Granular Badminton Academy (Thailand), Taiwan High School (Taipei), dan Singapore Badminton Association (Singapura).

CEO PT Sumber Kopi Prima, Ihsan Mulia Putri, mengatakan pihaknya menjadi sponsor utama Superliga Junior 2019 karena turnamen ini mengusung semangat serupa dengan produk Caffino besutan perusahaannya.

“Kami ingin memberi yang terbaik ke masyarakat dalam bentuk kopi instan dari kopi dan susu asli. Semangat kami sama dengan pada atlet yang ingin memberi hasil terbaik di lapangan,” ujar Ihsan.

“Harapannya, Superliga Junior 2019 bisa menghasilkan atlet dengan semangat yang tangguh dan pantang menyerah,” ujar dia melanjutkan.

Superliga Junior 2019 menjanjikan total hadiah Rp610 juta. Pertandingan turnamen ini dapat disaksikan via live streaming di situs PB Djarum {bolasport.com}