Leclerc Nilai Insiden Tim Ferrari di GP Rusia Adalah Salah Paham

Charles Leclerc

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, mengatakan bahwa masalah team order pada GP Rusia 2019 di Sirkuit Sochi adalah sebuah kesalahpahaman yang sudah diluruskan.

GP Rusia 2019 berlangsung pada 29 September lalu. Pada balapan tersebut, Ferrari gagal melanjutkan tren apik mereka usai jeda kompetisi. Kedua pembalap mereka, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, mengalami miskomunikasi sehingga strategi yang mereka jalankan tidak berjalan dengan baik.

Beruntung, Leclerc masih mampu mengamankan posisi 3 dan naik podium untuk kali kesembilan sepanjang musim ini. Nasib Vettel tidak sebaik Leclerc. Dia harus berhenti sebelum balapan usai akibat mobilnya mengalami kerusakan mesin.

Dilansir dari Crash, Leclerc mengatakan ada kesalahpahaman pada GP Rusia. Dia memastikan salah komunikasi antara dirinya dan Vettel sudah dikoreksi.

“Ada kesalahpahaman yang terjadi, tetapi kami sudah berdiskusi dan segalanya sudah jelas. Mungkin dari luar masalah ini rasanya besar sekali, tetapi segalanya baik-baik saja,” tutur pembalap asal Monako.

Leclerc pun berharap insiden serupa tak lagi terulang. “Sejak awal sudah jelas kami harus mematuhi team order dan ternyata situasi pada GP Rusia tak jelas untuk saya dan Vettel ketika balapan dimulai,” ucap Leclerc.

“Hal itu merupakan poin terpenting dan kami akan memastikan kejadian yang sama tak terulang,” kata dia melanjutkan.

Leclerc mengatakan bahwa dia belum membahas persoalan tersebut secara empat mata dengan Vettel, meski mereka berbicara dengan bos tim, Mattia Binotto.

“Saya ada urusan lain ketika Vettel tiba di Maranello, jadi kami belum sempat berbincang. Namun, saya sempat bertemu Mattia Binotto, dan Vettel pun demikian di hari terpisah,” ucap Leclerc.

“Semua baik-baik saja,” ujar pembalap berusia 21 tahun tersebut lagi. Perjalanan Charles Leclerc bersama Ferrari akan berlanjut pada balapan di GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (13/10/2019).

Leclerc saat ini menduduki peringkat keempat klasemen sementara pembalap Formula 1 dengan 212 poin. {bolasport.com}