Leo/Indah Gagal Pertahankan Gelar di Final Kejuaraan Dunia Junior 2019

Leo Rolly Carnando dan Indah Cahya Sari Jamil

Pebulutangkis ganda campuran unggulan pertama asal Indonesia, Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil gagal mempertahankan gelar juara setelah mengandaskan lawannya di partai puncak Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019 di Kazan, Rusia, Minggu (13/10/2019).

Pasangan Leo/Indah dipaksa mengakui kemenangan unggulan kedua asal Tiongkok, Feng Yanzhe/Lin Fangling lewat dua gim langsung dengan skor 17-21 dan 17-21.

Kekalahan tersebut membuat pasangan Leo/Indah gagal mempertahankan gelar juara kejuaraan kategori junior sebagaimana yang pernah mereka raih tahun sebelumnya pada ajang yang sama di Kanada.

Tim merah putih berhasil menempatkan tiga wakilnya untuk berlaga di babak final ajang bulutangkis bertajuk World Junior Championships 2019 pada hari ini. Tiga wakil Indonesia antara lain berada di tiga sektor sekaligus antara lain ganda campuran, ganda putra, dan ganda putri.

Pebulutangkis Leo Rolly Carnando harus bermain di dua sektor langsung di final yakni ganda campuran dan ganda putra. Di sektor final ganda putri tim merah putih mengirimkan satu wakilnya melalui Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Pasangan Febriana/Amalia berhasil mengalahkan unggulan kedua dari Tiongkok, Li Yi Jing/Luo Xu Min dengan skor 21-17 dan 23-21. Perjuangan pantang menyerah diperlihatkan Febriana/Amalia dalam pertarungan yang berlangsung selama 52 menit tersebut.

Tampil lepas dan berani menekan di dua poin krusial, Febriana/Amalia akhirnya merebut game kedua sekaligus mengamankan tiket final.

“Hari ini kami mainnya banyak bola-bola drive, kalau reli nanti lawannya malah senang. Misalnya bola depan, kami selalu kasih tekanan lebih di pukulannya. Kami juga sudah mempelajari main mereka dan hafal pergerakan mereka,” kata Febriana.

Febriana menambahkan ia tidak berpikir menang atau kalah yang terpenting fight terlebih dahulu jadi mainnya terlihat lebih lepas. “Kami seneng banget bisa ke final, terharu. Tapi masih ada tugas, harus lebih semangat lagi di final,” ujar Amalia.

Febriana/Amalia masih menunggu lawan mereka di babak final, antara ganda putri Tiongkok, Lin Fang Ling/Zhou Xin Ru, atau Kaho Osawa/Hinata Suzuki dari Jepang.

“Mau lawan yang mana saja kami siap. Kalau pasangan Tiongkok, kurang lebih mainnya sama dengan lawan kami hari ini, banyak main drive,” ungkap Amalia.

“Kalau ketemu pasangan Jepang, harus kuat, lebih berani, tahan, soalnya relinya ganda Jepang susah dimatikan. Harus lebih siap,” pungkasnya.

Sektor ganda putra akan menjadi wakil Indonesia terakhir di babak final ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019. Pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang menjadi unggulan kedua turnamen berhasil mengalahkan unggulan ketiga asal Tiongkok, Dai Enyi/Feng Yanzhe.

Ganda Putra Leo/Daniel menyudahi perlawanan Dai Enyi/Feng Yanzhe dengan skor 21-15 dan 21-10. Di partai final, pasangan Leo/Daniel akan menghadapi unggulan pertama asal Tiongkok, Di Zi Jian/Wang Chan.

Jadwal Lengkap Babak Final Ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019, Minggu (13/10/2019):

XD: Leo Rollu Carnando/Indah Cahya Sari Jamil (1/Indonesia) vs Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling (2/Tiongkok) – 17-21 dan 17-21

WS: Riko Gunji (7/Jepang) vs Zhou Meng (2/Tiongkok) – Followed by

MS: Kunlavut Vitidsarn (1/Thailand) vs Christo Popov (10/Prancis) – Followed by

WD: Lin Fang Ling/Zhou Xin Ru (4/Tiongkok) vs Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (3/Indonesia) – Followed by

MD: Di Zi Jian/Wang Chan (1/Tiongkok) vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (2/Indonesia) – Followed by

Perwakilan Tiap Negara di Babak Final:

China (4 Wakil): 1 WS, 1 MD, 1 WD, 2 XD

Indonesia (3 Wakil): 1 MD, 1 WD, 1 XD

Jepang (2 Wakil): 1 WS

Thailand (1 Wakil): 1 MS

Prancis (1 Wakil): 1 MS

Keterangan:

MS: men singles [tunggal putra]

WS: woman singles [tunggal putri]

MD: Men doubles [ganda putra]

WD: Woman doubles [ganda putri]

XD: mixed doubles [ganda campuran] {tribunnews.com}