Ini Tipe-Tipe Menteri, Anda Masuk Yang Mana?

Saat ini, Menteri itu…

1.Siapapun Presidennya, dia yang tetap jadi Menteri. Ini seperti Sri Mulyani dan Sofyan Djalil. Juga bias dimasukkan Mahfud MD dan Luhut Pandjaitan, karena dulu pernah jadi Menteri di zaman Presiden Gus Dur. Suharso Monoarfa dari PPP juga bisa masuk di sini.

2.Selama Jokowi jadi Presiden, dia masih dipercaya. Ini seperti Budi Karya Sumadi, Tjahjo Kumolo, dan beberapa lainnya. Luhut juga merangkap di kelompok ini.

3. Partainya dukung Jokowi dan Bapaknya dulu pernah jadi Menteri juga. Ini seperti Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang dari Partai Golkar.

4. Jadi tokoh utama tim kampanye dan jadi bohir atau pencari bohir untuk dana tim kampanye. Ini untuk Erick Tohir dan Bahlil, juga ada satu lagi menteri dengan posisi dan kekuasaan pemerintahan yang besar.

5.Jadi lawan utama Jokowi. Ini untuk 2 Prabowo dari Partai Gerindra.

6.Dari pulung Ketua Umum Parpol pendukung karena Ketumnya tak mau atau tak masuk kualifikasi jadi Menteri. Ini untuk Menteri dari Nasdem dan PKB.

7.Profesional sejati yang dianggap sukses dan segera berbaju parpol secara jelas atau samar seperti Nadiem Makariem dan Wishnutama.

Secara Umum:
1. Menteri sebenarnya sudah tak bisa lagi disebut sebagai jabatan tertinggi untuk rebutan parpol karena semakin kecilnya ruang bagi jatah pekerja politik dari parpol di sini. Apalagi ada menteri yang mundur malah jadi gubernur.

2. Bahkan untuk kursi tertentu seperti Menteri Keuangan (Menkeu) jangan pernah mimpi besar untuk jadi menteri di situ selama ada orang-orang tertentu masih ada.

Itu kursi sepertinya sudah jadi warisan tertentu untuk orang-orang khusus. Dulu, kalau tidak salah, posisi Menteri Kesehatan (Menkes) juga seperti ini, bahkan pernah suami istri bergantian duduk di sini.

3. Kalau trahnya pernah jadi Menteri, ruang kompetisi jadi semakin kuat untuk dimenangkan, tinggal dapat kendaraan parpol yang pas saja.

4. Ruang elit itu memang selalu eksklusif di poros tertentu dan kebanyakan dari generasi usia 50-an. Millenials itu hanya untuk kerumunan massa, bukan elit.

Pertanyaannya, sampeyan itu siapa kok ngarep jd Menteri???
Selamat utk para menteri dan wakil2nya.
Semoga Indonesia selalu aman, sentosa, dan bahagia warganya.

Andi Syafrani, Praktisi Hukum