News  

Baru Sepekan Menjabat, Mendikbud Digoyang Tagar #NadiemMundurAja

Tagar #NadiemMakarimMundurAja Sempat Trending di Twitter

Baru sepekan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud), Nadiem Makarim menjadi trending topic di twitter dengan berbagai cuitan yang menghiasi, Selasa (29/10/2019).

Tidak hanya cuitan, warganet pun ramai menyertakan Tagar ‘NadiemMundurAja’. Tagar ini menjadi trending populer dipencarian dengan jumlah tweet mencapai sekitar 8.554.

Beragam komentar disuarakan oleh warganet. Ada yg mempertanyakan kemampuan Nadiem Makarim tentang tanggung jawab sebagai Mendikbud.

Nadiem yang merupakan pendiri dan mantan CEO Gojek masih banyak diragukan oleh banyak orang. Di antaranya cuitan yang ditulis akun @tiRani1313.

“Yang latar belakang pendidikan saja susah memajukan pendidikan secara karakter dan pondasi agama apalagi yang latar belakangnya bukan pendidikan, bisa saja belajar tapi kapan nyampenya semua sudah ke bulan. Semoga benar-benar amanah kalau tidak #NadiemMundurAja nyerah aja” tulis akun @@tiRani1313..

Tidak hanya itu, cuitan pun datang dari akun @vincentrcrd.Pemilik akun @vincentrcrd mengunggah video di Twitter yang memperlihatkan sebuah video kemunduran. Video berdurasi 30 detik tersebut sudah ditonton mencapai 86 ribu kali.

Cuitan selanjutnya datang dari akun @Aiek__Yaa. Akun tersebut menuliskan “Tagar Selasa 06.00 #NadiemMundurAja. Mendikbut Nadiem sebagai proyek sekulerisasi deislamisasi Indonesia tahap akhir.”

“Sistem sekolah massal jadi instrumen teknokratik masyarakat industri sekulek sejak orde baru. Deislamisasi dapat kekuatan dan momentum di rezim ini.” tulis akun @Aiek__Yaa.

Warganet lainnya menyampaikan, Indonesia membutuhkan Mendikbud yang berkualitas dan berpengalaman di bidang pendidikan, bukan pebisnis.

“Indonesia butuh Menteri Pendidikan yg berkualitas dan pengalaman di bidang pendidikan bukan pebisnis…jadiiii #NadiemMundurAja,” cuit @susan1612.

Ada juga yang mempertanyakan tagar #NadiemMundurAja jadi trending. “Siapa yang bikin tagar gak masuk akal ini ? Yakin aja dulu sama kerjanya wajah milenial, mentang-mentang masih muda lantas di pertanyakan kemampuannya. Dangkal sekali pemikiran nya,” tulis warganet @shafiraandra.

Sebelumnya, Nadiem mengakui ada orang yang mempertanyakan kemampuannya. Namun Nadiem menyebut dirinya tidak ragu saat diberikan kepercayaan oleh Jokowi.

“Apakah ada yang mempertanyakan kemampuan saya dengan tanggung jawab sebesar ini? Pasti. Apakah saya bisa memenuhi ekspektasi masyarakat yang begitu tinggi pada saya? Waktu yang akan menjawab,” ujar Nadiem dalam sambutannya pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kemendikbud, Sudirman, Jakarta, Senin (28/10/2019).

“Tapi saat saya diberikan kesempatan dari presiden untuk membantu generasi berikutnya, saya tidak berpikir dua kali. Saya melangkah ke depan apapun risikonya,” tambah Nadiem.

Dikutip dari tayangan Kompas TV yang telah dipublikasikan di kanal YouTube, Senin (28/10/2019), Nadiem Makarim dalam pidatonya saat memperingati hari Sumpah Pemuda mengatakan ingin berbicara langsung dengan generasi muda Indonesia.

Sebagai menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju, yakni berusia 35 tahun, Nadiem Makarim mewakili generasi milenial ke bawah. Kehadiran Nadiem Makarim membuka berbagai macam kesempatan untuk generasi berikutnya. “Kawan-kawan termuda, gerbang kita telah terbuka,” ujar Nadiem Makarim. {tribunnews}