News  

Mobilnya Dirusak, Wagub Babel Terluka Dikeroyok Massa

Wagub Babel, Abdul Fattah dan Rombongan Mengamankan Diri ke Polsek Setempat Setelah Dikepung Massa

Penertiban tambang timah rakyat di aliran Sungai Sengkelik, Desa Sijuk, Kabupaten Belitung yang dilakukan Satpol PP Babel tidak berjalan mulus, Sabtu (2/11/2019).

Massa yang diduga berasal dari penambang melakukan perlawanan. Akibatnya, Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah yang ikut dalam razia itu sempat dikabarkan terkepung.

Bahkan ada yang mengabarkan Abdul Fattah terluka dalam peristiwa itu. Belum ada konfirmasi pasti soal kondisi Abdul Fattah. Hanya saja, dia sempat muncul di Polsek Sijuk dalam kondisi baik-baik saja.

Sedangkan mobil Honda CRV berpelat dinas yang ditumpangi Abdul Fattah rusak pada bagian kaca belakang, samping dan depan. Massa juga merusak mobil truk dan minibus yang ditumpangi anggota Satpol PP.

Terpantau ada enam korban pengepungan Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah dan Satpol PP Babel yang dirawat di RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan.

Direktur RSUD Marsidi Judono dr Hendra melalui Supervisi UGD Solihin mengatakan enam korban mengalami luka memar hingga luka bagian kepala. Enam korban juga merupakan petugas Satpol PP Provinsi Bangka Belitung.

“Semua sampai saat ini belum ada luka serius masih bisa kami tangani. Penyebabnya kena pukul kayu atau senjata tajam parang. Semuanya sudah kami ditangani,” ujarnya, Sabtu (2/11/2019) seperti dikutip dari Bangka Pos Grup.

1. Nurul Ihsan (40) dari Pangkalpinang

Mengalami luka di bagian kepala. Dari pengakuan, ia dipukul menggunakan kayu. Saat ini sudah ditangani, ada enam jahitan di kepala. Saat ini pasien sedang istirahat di UGD.

2. Handi Pamungkas (35) dari Jakarta

Mengalami luka memar di lengan kanan. Tidak ada luka serius.

3. Mustarifah (21) Bangka Tengah

Mengalami luka di jari tengah dan telunjuk dan tulangnya keluar. Tapi pihak RSMJ belum memastikan lebih lanjut karena sekarang pasien sedang dibawa ke ruang radiologi.

4. Permana Yusuf (39) dari Sungailiat

Mengalami cedera kepala belakang. Pasien mengatakan agak pusing dan muntah. Saat ini sedang di rontgen.

5. Pak Iim (33) dari Pangkalpinang

Mengalami luka robek di kepala sudah dievakuasi dan dijahit. Juga mengalami bengkak lengan kiri tapi belum dipastikan apakah mengalami patah tulang. Saat ini sedang di ruang UGD menunggu hasil rontgen.

6. Darmawi (40) Pangkalpinang

Mengalami luka di perut kiri dan bengkak tangan kiri.

“Saya baru dapat info dari Direktur RSUD bahwa di lokasi saat ini masih ada Wakil Gubernur yang mengalami cedera hidung dan sekarang masih di lokasi kejadian,” tambah dia.

Berdasarkan pantauan, anggota Satpol PP Provinsi Bangka Belitung sedang berada di depan ruang UGD.

Di video

Sementara itu dilaporkan Kompas.com, video yang diterima Kompas.com dari Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, tampak tujuh mobil, termasuk mobil Abdul rusak parah.

Seorang pria yang merekam kejadian itu mengatakan, rombongan terkepung oleh massa yang berbuat anarkistis. Bahkan, ada sebagian rombongan yang harus menyelamatkan diri ke hutan.

“Inilah tugas Satpol PP yang sangat-sangat berisiko. Kita tidak tahu di hutan sana nasib kawan-kawan kita,” ujar pria yang merekam video tersebut.

Dalam rekaman juga tampak empat petugas Satpol PP yang selamat dalam insiden itu. “Ada beberapa anggota kami yang selamat dan ada beberapa yang terkepung di hutan,” ujar pria itu.

Sebelumnya diberitakan, rombongan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah dievakuasi dengan berjalan kaki setelah sekelompok orang merusak kendaraan dinas yang ditumpangi.

Aksi anarkistis terjadi saat Abdul Fatah dan anggota Satpol PP mendatangi kawasan tambang timah tanpa izin di Belitung, Sabtu. Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie membenarkan kabar kejadian itu.

Diketahui ada tujuh mobil yang dirusak massa. “Untuk detailnya saya masih cek dulu karena sedang dinas luar,” kata Isyak saat dikonfirmasi, Sabtu. {tribunnews}