Sirkuit Bergelombang F1 GP AS 2019 Tuai Keluhan Negatif Para Pembalap

Circuit of The Americas

Kondisi Circuit Of The Americas yang bergelombang menuai komentar negatif dari para pembalap Formula 1 (F1).

Kompetisi F1 2019 berlanjut dengan menggelar seri balapan ke-19 di Circuit Of The Americas, Austin, pada akhir pekan ini. Para pembalap F1 telah selesai melakoni rangkaian agenda di hari pertama, Jumat (1/11/2019), yang menggelar dua sesi latihan bebas alias free practice.

Dua pembalap berbeda meraih posisi tercepat dalam latihan kemarin. Max Verstappen (Red Bull Racing) menguasai sesi P1, sedangkan Lewis Hamilton (Mercedes) membukukan waktu terbaik pada P2.

Hari pertama penyelenggaraan F1 GP Amerika Serikat ternyata tidak menuai respons positif para kontestan. Alih-alih puas dengan hasil yang didapat pada dua sesi latihan kemarin, para pembalap justru merasa cemas dengan berlangsungnya sisa rangkaian seri balapan.

Hal ini tidak lepas dari kondisi sirkuit yang mereka nilai terlalu bergelombang karena banyak bumps. Dilansir dari Motorsport.com, kebanyakan pembalap mengalami berbagai macam gangguan akibat memacu mobil mereka di atas trek yang tidak ideal.

“Ini (sirkuit yang bergelombang) bisa menjadi sangat menyakitkan. Seseorang bahkan bisa terluka saat melindas bumps. Anda lihat sendiri, tadi beberapa pembalap keluar jalur karena trek yang bergelombang. Sungguh tak bisa diterima,” ujar pembalap Racing Point, Sergio Perez.

Perez juga menegaskan bahwa dengan kondisi tersebut, keselamatan para pembalap saat balapan akan dipertaruhkan.

Senada dengan Perez, Verstappen juga merasa cemas dengan bumps, yang menahannya untuk tidak memacu mobilnya di kecepatan maksimal. “Anda harus berhati-hati. Saya sendiri sedikit takut kalau-kalau saya melukai punggung saya,” ujar pembalap berjuluk Mad Max.

“Saya sebenarnya tidak terlalu bermasalah dengan bumps di sirkuit jalan raya. Tapi di sini treknya terlalu bergelombang,” tuturnya.

Tak mau ketinggalan, Lance Stroll pun melontarkan kritikannya. Menurut pembalap Racing Point ini, bumps yang terlalu banyak juga bisa merusak mobil.

“Saya pikir ada dua atau tiga bumps yang terlalu besar. Ini bisa membahayakan mobil dan berisiko merusak mesin. Saya kira kondisi ini lebih cocok untuk pembalap rally daripada untuk balapan F1. Mereka benar-benar harus melakukan sesuatu untuk musim depan,” tutur Stroll.

Circuit Of The Americas bukanlah sirkuit pertama yang mendapat komentar negatif atas kondisinya yang bergelombang. Bahkan Sirkuit Silverstone yang baru mengalami pengaspalan ulang pada musim ini pun tak lepas dari kritikan.

Rangkaian F1 GP AS akan berlanjut pada hari hari Minggu (3/11/2019) dini hari WIB dengan menggelar FP3 dan sesi kualifikasi. Sesi balapan baru akan digelar di tempat yang sama pada hari Senin (4/11/2019) pukul 02.10 WIB {bolasport}