Gerindra Dukung Ahmad Dhani Dampingi Anies Jadi Wagub DKI

Ahmad Dhani dan Istri, Mulan Jameela saat Bertemu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin belum berlangsung lama. Namun, perubahan konstelasi politik di level nasional kini berubah begitu cepat.

Beberapa politisi bahkan sudah mulai merancang pasangan untuk Pilpres 2024 kelak. Kini, isu yang beredar politisi telah mewacanakan Prabowo Subianto berpasangan dengan Puan Maharani.

Terkait isu tersebut, Sandiaga Uno menyatakan jika dirinya akan mendukung Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra. ”Pokoknya saya buat bangsa ini, buat Gerindra, ” ujar Sandiaga Uno.

Tak hanya itu saja, nama Ahmad DHani juga muncul dan digadang-gadang akan menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi Anies Baswedan.

Untuk itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta menegaskan jika masih menunggu arahan dari Prabowo Subianto.  Menurutnya, suami Mulan Jameela memungkinkan untuk mendampingi Anies Baswedan lantaran Ahmad Dhani merupakan kader Gerindra.

“Mas Dhani kan kader Gerindra, kalau kader Gerindra sudah dapat rekomendasi Ketua Umum ya kami dukung,” ucapnya saat dihubungi, Selasa (5/11/2019) malam.

“Kami menunggu rekomendasi Ketua Unum saja, diperintah, jalan,” tambahnya menjelaskan.

Terkait jatah kursi Wagub yang merupakan hak milik PKS, Syarif menyebut, masih ada peluang bagi Gerindra mencalonkan kadernya. Pasalnya, nama dua bakal calon yang diajukan oleh PKS, yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu masih bisa dapat berubah sewaktu-waktu.

“Ya mungkin saja (kader Gerindra dicalonkan sebagai Wagub), semua kemungkinan pasti ada. Saya dalam posisi menunggu saja,” ujarnya.

Meski demikian, anggota DPRD DKI Jakarta ini menyebut, sampai saat ini belum ada pembicaraan serius di internal Gerindra terkait rumor tersebut.

“Kalau DPP (Dewan Pimpinan Pusat) menunjuk Ahmad Dhani ya kami respon dengan baik dan kita jaga perintah Ketum Tapi, sampai sekarang belum ada apa-apa,” kata Syarif.

Kata Lieus

Seperti diketahui, nama Ahmad Dhani tiba-tiba mencuat sebagai bakal calon Wagub DKI setelah Lieus Sungkharisma menilai suami Mulan Jameela itu merupakan sosok yang tepat untuk menggantikan Sandiaga Uno.

Hal itu diungkapkan Lieus usai menjenguk Dhani di Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Senin (4/11/2019) lalu.

“Kalau buat saya nih jangan kata Wali Kota Surabaya ini Wagub DKI lagi kosong. Kalau pak Prabowo taken jadi itu, kan jatahnya Gerindra,” kata Lieus usai membesuk Dhani di Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Senin (4/11/2019).

Namun dia mengaku tak tahu pasti apa Dhani berniat menduduki kursi Wakil Gubernur DKI atau posisi strategis lainnya karena tak menanyakan secara langsung.

Lieus meminta wartawan menanyakan hal tersebut langsung kepada Dhani usai menjalani masa tahanan untuk kasus yang divonis PN Jakarta Selatan. “Dia (Dhani) enggak bilang itu tadi kalau ditanya, nanti lah itu kita lihat. Dan paling cantik pas keluar kita tungguin nih di sini mau dengar,” ujarnya.

Kursi wagub kosong

Hingga saat ini kursi wagub DKI masih kosong setelah ditinggal Gerindra. Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra Syarif memastikan Sandiaga Uno tak akan kembali ke kursi wakil gubernur DKI.

“Enggak ada, sudah saya tanya berulang kali, dia enggak balik (jadi wagub),” kata Syarif di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).

Sandiaga sendiri juga mengaku berulang kali ditawari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk kembali mengambil posisi wagub DKI Jakarta.

Sandi mengatakan, Prabowo menawarkan posisi tersebut setelah kontestasi Pilpres 2019 selesai. Namun, Sandiaga menegaskan, tak akan kembali ke kursi wagub karena berkomitmen untuk meninggalkan jabatan tersebut.

“Mulai dari setelah MK, tapi saya selalu bilang ‘enggak Pak, enggak, ini saya sudah putuskan dan sampai kemarin juga, enggak berubah pikiran,” kata Sandiaga di kediamannya, Jalan Pulombangkeng, Kebayoran Baru, Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Enggak Pak’ saya bilang, terima kasih saya bantu Bapak saja, saya sudah cukup, saya akan berikan yang terbaik, yang saya miliki buat bangsa ini, buat Gerindra,” sambungnya lagi menegaskan.

Sandiaga mengatakan, Prabowo akhirnya bisa menerima keputusannya untuk tak kembali mendampingi Gubernur Anies Baswedan. {tribunnews}