Alex Gabung Dengan Kakaknya di Honda, Ini Susunan Pembalap MotoGP 2020

Alex Marquez Bersama sang Kakak Marc Marquez

Repsol Honda membuat keputusan dengan cepat soal pembalap yang akan mendampingi Marc Marquez setelah Jorge Lorenzo memutuskan pensiun sebagai pembalap MotoGP pada 14 November kemarin.

Repsol Honda secara resmi mengumumkan kesepakatan kontrak dengan Alex Marquez pada Selasa (19/11/2019) pagi WIB.

Alex Marquez yang merupakan Juara Dunia Moto2 2019 ini bergabung dengan Repsol Honda dalam durasi kontrak selama satu tahun yakni selama MotoGP musim 2020

Alex Marquez akan menjalin kerja sama dengan kakaknya, Marc Marquez, untuk mengendarai Honda RC213V musim depan.

Dia menjadi pembalap ketiga yang mendapat promosi ke kelas premier setelah Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech 3) dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

Kedatangan Alex juga membuat line up alias susunan pembalap untuk mengarungi persaingan pada MotoGP 2020 kini sudah lengkap.

Brad Binder pindah dari Tech3 ke tim pabrikan KTM  dan akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan Johann Zarco. Binder nantinya berduet dengan Pol Espargaro. Akibatnya sesama rookie, Iker Lecuona kini telah mengambil alih tempat Zarco bersama Miguel Oliveira.

Rencana Zarco untuk 2020 masih belum jelas setelah  dia mengisi tiga balapan terakhir tahun ini dengan menggantikan Takaaki Nakagami di LCR Honda. Nakagami tidak membalap karena sedang menjalani pemulihan dari operasi bahu.

Sementara itu, Hafiz Syahrin (Malaysia) yang tahun ini membela Red Bull KTM akan kembali ke Moto2 tahun depan untuk Tim Angel Nieto.

Adapun Tito Rabat saat ini adalah satu-satunya pembalap yang memiliki kesepakatan kontrak di luar musim 2020. Pembalap asal Spanyol tersebut terikat kontrak dengan Avintia Racing hingga 2021. Berikut susunan lengkap pembalap untuk MotoGP 2020.

Aprilia Racing Team Gresini

Andrea Iannone
Aleix Espargaro

Ducati Team

Andrea Dovizioso
Danilo Petruci

Pramac Racing

Jack Miller
Francesco Bagnaia

Avintia Racing

Karel Abraham
Tito Rabat

LCR Racing

Takaaki Nakagami
Cal Crutchlow

Repsol Honda Team

Marc Marquez
Alex Marquez

Red Bull KTM Factory Racing

Pol Espargaro
Brad Binder

Red Bull KTM Tech 3

Iker Lecuona
Miguel Oliveira

Suzuki Ecstar

Joan Mir
Alex Rins

Monster Energy Yamaha MotoGP

Maverick Vinales
Valentino Rossi

Petronas Yamaha SRT

Fabio Quartararo
Franco Morbidelli

{bolasport}