News  

Air Terjun Tol Becakayu Bikin Kalimalang Banjir

Limpasan Air dari Tol Becakayu Bikin Kalimalang Banjir

PT Waskita Karya membenarkan fenomena curahan air dari lokasi konstruksi ruas Tol Becakayu Seksi 2A wilayah Kalimalang Bekasi, pada Kamis (21/11) kemarin. Video curahan air dari konstruksi tol tersebut beredar viral di media sosial.

Sekretaris Perusahaan PT Waskita Toll Road Alex Siwu mengatakan curahan air dari konstruksi tol terjadi pada Kamis sore, ketika turun hujan lebat. Curahan air disebabkan oleh pengerjaan pipa drainage dan parapet menuju saluran bawah belum selesai.

“Sesuai dengan schedule penyelesaiannya adalah hari ini 22 November 2019,” kata Alex dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com.

Dalam video yang beredar di media sosial, curahan air tersebut langsung jatuh ke jalan raya di bawah ruas tol. Curahannya cukup deras bak air terjun.

Alex mengatakan lokasi badan jalan yang terkena dampak curahan air tersebut mengalami banjir sepanjang kurang lebih 50 meter. Menurutnya, saluran air pada badan jalan tersebut tidak sanggup menampung debit air akibat curahan hujan.

“Sesuai pantauan di lapangan kebetulan pada lokasi tersebut sedang ada galian untuk kabel telkom sehingga menambah disfungsi saluran,” ujar Alex.

Dia menambahkan Waskita telah mengambil tindakan atas kejadian tersebut, yakni dengan melakukan pembersihan dan mengerahkan pompa di lokasi kejadian.

Selain itu, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga selaku pemilik konsesi akan melakukan pelebaran drainage existing. Pelebaran dilakukan secepatnya, atas koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mencegah genangan terulang.

“Perlu juga kami sampaikan, bahwa Seksi 2A Ruas Tol Becakayu tersebut sedang dalam proses konstruksi dan ditargetkan selesai konstruksi pada Mei 2020 dan beroperasi pada Juni 2020,” kata Alex. [CNN]