Menanti Inovasi Baru Sri Danti Anwar Untuk STIKes Mitra Ria Husada

Bertempat di kampus STIKes Mitra RIA Husada di kawasan Cibubur Jakarta Timur, Prof. Dr. Haryono Suyono selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Karya Bhakti Ria Pembangunan (YKBRP) memberikan pengarahan kepada para pengurus yayasan, pengawas, pimpinan, serta para dosen perguruan tinggi dalam rangka pengangkatan Ketua STIKes MRH yang baru, Dra Sri Danti Anwar, MA. Sri Danti menggantikan Ketua lama, dr Hakim Sarimuda Pohan, SpOG pada 11 Desember 2019.

Dalam arahannya, Prof. Haryono menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada Ketua lama yang telah bekerja dengan penuh semangat, dan dedikasi luar biasa, sekaligus mengucapkan selamat bertugas Ketua baru.

Dalam kesempatan ini, Haryono juga menyampaikan pesan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim yang memprioritaskan pembangunan sumberdaya manusia dalam rangka menyiapkan pemimpin masa depan.

Mahasiswa nantinya diharapkan makin mahir menggunakan teknologi, pembelajaran dan memperkuat karakter mahasiswa agar bisa menjadi pemimpin ideal harapan bangsa bagi di masa depan. Untuk itu perlu adanya perubahan paradigma.

Dosen bukan saja menggurui mahasiswa, bukan sekedar memberikan kuliah atau ceramah seperti biasa, tetapi dosen harus memiliki informasi baru yang perlu disampaikan dan memfasilitasi proses pembelajaran dimaksud. Dosen harus melayani dan membangun suasana belajar yang kondusif dan dinamis.

“Kita semua harus berorientasi masa depan sehingga kita perlu memiliki kompetensi yang tinggi, merangsang kreativitas, membangun kolaborasi, mampu melakukan komunikasi yang efektif, memiliki ‘critical thinking’, mahir komputasi, dan memiliki sikap empati tinggi,” ujar Haryono.

Haryono meminta kepada Ketua STIKes baru agar secara periodik mengadakan pertemuan dengan para dosen guna saling memberikan masukan dan selalu siap dengan rancangan perubahan sesuai era industri 4.0.

“Hal penting lain yang harus dilakukan dosen dan mahasiswa adalah menyertakan masyarakat luas guna mengukur kepuasan atas pelayanan diberikan perguruan tinggi, misalkan dengan mengadakan seminar atau pertemuan dengan mengundang tokoh dan ahli di lingkungan kampus. Pertemuan ini sekaligus sebagai ajang pameran dan promosi agar mahasiswa bisa menjajagi pasar kerja yang paling aktual,” ungkap Haryono.

Selanjutnya Haryono menekankan perlunya mahasiswa STIKes MRH menguasai bahasa Inggris, bahasa koding/bahasa komputer, dan paham psikologi.

Haryono mendorong pengembangan program studi yang dibutuhkan industri seperti Program Studi K3 sebagai antisipasi tumbuhnya industri manufaktur yang dicanangkan pemerintah dan industri lain yang melibatkan mesin-mesin berat.

STIKes Mitra RIA Husada sebagai salah satu unit kegiatan sosial dari Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan yang diwariskan oleh Ibu Tien Soeharto wajib terus maju dan berkontribusi positif terhadap pengembangan SDM Indonesia unggul di bidang kesehatan.

Sementara itu Ketua YKBRP, Ibu Milangoni Subiakto Tjakrawerdaja dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Dra Sri Danti Anwar, MA., yang diangkat secara resmi sebagai Ketua STIKes MRH yang baru dan berharap agar segera bisa bekerja cepat, membuat inovasi-inovasi baru dalam mengelola STIKES MRH, dan membangun jejaring dengan pelbagai pihak guna kemajuan perguruan tinggi.