Tak Ada Nama Lewis Hamilton Di New Years Honours Ratu Inggris

Lewis Hamilton

Juara dunia Formula 1 alias F1 2019, Lewis Hamilton, sekali lagi tidak masuk ke dalam daftar New Years Honours Ratu Elizabeth II.

Lewis Hamilton pertama kali menerima gelar bangsawan “Member of the Most Excellent Order of the British Empire” alias MBE setelah meraih gelar juara dunia F1 pertamanya pada tahun 2008.

Namun, setelah itu, Hamilton tak lagi masuk ke dalam daftar penghargaan kebangsawanan tahunan sang Ratu Inggris.

Padahal, dalam rentang 2008-2019, Hamilton sudah menambah lima gelar juara dunia F1.

Kini, pembalap yang membela tim Mercedes itu cuma tertinggal satu titel dari sang pemegang rekor gelar juara terbanyak sepanjang masa, Michael Schumacher (Jerman).

Hal ini pun memantik pro dan kontra di berbagai kalangan. Menurut Ketua Badan Motorsport Inggris Dave Richards, Lewis Hamilton sangat layak menerima gelar bangsawan lagi.

Terlebih dengan pencapaiannya dan juga latar belakang keluarga yang tidak berasal dari kalangan menengah ke atas.

“Saya tidak bisa memikirkan orang yang lebih berharga untuk mendapatkan penghargaan ini ketimbang Lewis,” ucap Richards.

“Akan menjadi suatu ‘hal besar’ kalau sampai dia tidak diakui pada tahun baru nanti. Lewis jauh lebih dari luar biasa karena dia tidak berasal dari keluarga yang memiliki latar belakang berada.”

“Dia dan ayahnya bekerja sangat keras untuk membalap karting dan terus naik kelas. Semua yang dia dapat adalah hasil kerja keras, bukan diberikan di atas piringnya.”

“Mereka membuat pengorbanan besar dan hal itu membuat prestasi mereka bahkan lebih luar biasa,” kata Richards lagi.

Sementara itu, Lewis Hamilton mengaku tidak terlalu memusingkan perihal ini. Hamilton menilai apa yang dia capai sekarang sudah menjadi suatu kehormatan tersendiri.

Dia pun menegaskan bahwa gelar kebangsawanan bukanlah sesuatu yang dikejar saat membangun karier balapnya.

“Saya tidak terlalu suka memikirkan hal itu secara berlebihan. Orang-orang menyebutnya saja sudah menjadi kehormatan buat saya, tetapi itu (gelar bangsawan) bukan yang saya inginkan dalam hidup,” kata Hamilton.

“Jika, pada satu waktu nanti, hal itu terjadi, saya tidak akan tahu bagaimana saya menerimanya. Saya sudah pernah berdiri di hadapan Ratu dan hal itu cukup luar biasa, beliau adalah sosok yang mengagumkan,” ucap pembalap berusia 34 tahun tersebut.

Lewis Hamilton merupakan satu dari sekian pembalap yang mendapatkan gelar bangsawan.

Selain Hamilton, Jenson Button juga memiliki gelar MBE. Sementara itu, Jackie Steward, Stirling Moss, dan Jack Brabham menerima titel Sir setelah mereka pensiun dari dunia balap. {bolasport}