News  

Sambut Tahun Baru, Simak 5 Tips Untuk Kelola Keuangan Lebih Baik

Memilik banyak uang adalah salah satu impian setiap individu. Tidak hanya mendapatkan kesenangan sendiri, namun memiliki investasi uang yang cukup berarti masa depan sudah bisa terjamin.

Berikut ini adalah 5 tips untuk mengelola keuangan di tahun 2020, seperti dikutip CNBC:

1. Abaikan Kata Orang
Pemilik dari tim basket Dallas Mavericks, Mark Cuban mengatakan kepada pengikutnya di Twitter untuk mengabaikan apa kata orang. Miliarder itu menawarkan tujuh saran untuk mempersiapkan penurunan ekonomi, termasuk ‘Jangan dengarkan kata “pakar” tentang prediksi tahun mendatang.’

Sejalan dengan ahli ekonomi George Washington University, Tara Sinclair yang menyarankan untuk fokus kepada apa yang kamu punya.

“Secara historis, langkah yang terbaik yang dapat dilakukan adalah fokus pada apa yang dapat kamu kendalikan.” Cuban menambahkan, kamu bisa menabung sebanyak-banyaknya dan berprestasi di tempat kerja.

2. Perjuangkan Keinginanmu!
Maksud dari memperjuangkan keinginanmu memiliki banyak makna. Contohnya, bernegosiasi soal gaji. Memang negosiasi gaji bukanlah hal yang mudah, tetapi jika kamu tidak melakukannya berarti kamu tidak bisa mendapatkan keinginanmu.

“Dalam hal negosiasi gaji, waktu yang tepat adalah kemarin,” ungkap salah satu pendiri dan CEO platform investasi digital Ellevest, Sallie Krawcheck.

Ia menambahkan, “dan jika kamu tidak melakukannya kemarin, waktu yang tepat adalah hari ini.” Kamu juga jangan berasumsi jika kerja kerasmu selalu diperhatikan.

3. Tingkatkan Kemampuan Diri!
Menurut Warren Buffet, investasi terbaik yang dapat dilakukan tidak hanya berkutat pada investasi uang. “Sejauh ini, investasi terbaik yang dapat kamu lakukan adalah pada diri sendiri,” ungkapnya.

Contohnya untuk mulai investasi pada diri sendiri, kamu dapat meningkatkan keterampilan komunikasimu. Mengasah keterempilan berkomunikasi dapat meningkatkan “kelebihanmu” hingga 50%.

4. Mulailah Menabung!
Menurut perencana keuangan Tom Corley, terdapat empat jalur utama untuk menjadi jutawan. Cara yang paling mudah adalah menabung.

Corley bahkan menghabiskan waktu untuk mewawancarai serta meneliti kebiasaan daun aktivitas sehati-hari dari 233 orang kaya.

Setengah dari mereka ternyata berhemat sebanyak 20% dari total penghasilannya. “Mereka mulai menginvestasikan tabungan mereka di awal dan terus melakukannya secara konsisten selama bertahun-tahun,” sambung Corney.

Jika kamu mulai menabung kemudian berinvestasi, uang yang akan didapat pasti sangatlah banyak. “Para orang kaya yang saya teliti bisa mendapat USD1 juta atau Rp13 miliar (Kurs 13.705/USD) hanya di usia 30 tahun ke atas. Bahkan jika pada usia ke-50, mereka bisa mengumpulkan kekayaan bersih hingga USD3,3 juta atau Rp45 miliar.

5. Mulai Sekarang Juga!
Jika kamu ingin menjadi orang kaya yang sukses, jangan cari alasan untuk menundanya. Lakukanlah sekarang juga! “Satu-satunya faktor terpenting untuk menjadi orang kaya adalah memulainya,” ungkap ahli keuangan Ramit Sethi.

Berfokuslah pada apa yang dapat kamu mulai dan mulailah sekarang juga. Kamu dapat menentukan tujuan tertentu dan membuat rencana tindakan untuk dapat mengumpulkan uang. [okezone]