PAN Desak Anies Cari Solusi Cepat dan Langkah Kongkret Atasi Banjir

Politisi PAN, Saleh Partaonan Daulay

Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan langkah-langkah konkret dalam rangka menghadapi musibah banjir di sebagian besar kawasan Jakarta.

Dia menyebut, selain pengentasan kemiskinan perkotaan, warga DKI sudah lama mengidamkan agar persoalan banjir dan macet dapat diatasi.

Menurutnya, kemenangan Anies Baswedan dalam Pilkada DKI lalu sebenarnya menyisakan beban agar banjir dan macet teratasi. Bila tidak, Anies tidak ada bedanya dengan Gubernur yang lain.

“Ini kan memang lagi musim hujan. Seperti biasanya, waktu-waktu seperti ini banjir sering mengancam. Mestinya, sebelum musim hujan, sudah ada peringatan kepada warga dan juga sudah ada tindakan antisipasi yang dilakukan,” kata Saleh lewat pesan kepada merdeka.com, Rabu (1/1).

Saleh menambahkan, Gubernur tidak cukup hanya menjanjikan memberikan bantuan logistik dan tempat evakuasi. Warga lebih bahagia jika perumahan mereka tidak terkena banjir.

Dia bilang bila sekadar bantuan seperti itu, siapa pun gubernurnya pasti akan diberikan. Sebab, hal itu sudah bagian dari standar penanganan bencana di pusat dan daerah.

Saleh juga meminta Anies untuk mengantisipasi hujan yang kemungkinan akan turun lebih besar. Artinya, segala tindakan antisipatif harus dipersiapkan dan seluruh aparatur daerah terkait harus disiagakan. Serta koordinasi dengan semua pihak harus segera dilakukan.

“Sekarang saatnya pak Anies membuktikan kemampuannya. Kepemimpinannya sedang diuji saat ini. Kita sebagai warga menunggu dan siap membantu sesuai dengan kemampuan,”. ucap dia.

Jika Anies mau meninggalkan warisan yang baik, kata Saleh, persoalan banjir dan macet penting diselesaikan. Bila berhasil, dia yakin orang akan lama mengingat sosok Anies.

“Tidak perlu terlalu banyak retorika. Cukup cari solusi yang bisa mengatasinya,” pungkasnya. {merdeka}