News  

Dipimpin Maha Menteri Wiwik, Keraton Agung Sejagat Punya Cabang di Klaten

Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat

Pengaruh Keraton Agung Sejagat (KAS) yang diklaim berdiri di Purworejo ternyata memiliki pengaruh di luar wilayah tersebut. Salah satunya di Kabupaten Klaten. Bukti cabang KAS ditemukan Polda Jawa Tengah.

Dilansir dari Antara, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar F Sutisna membenarkan adanya temuan tersebut. “Ditemukan di beberapa daerah di Klaten dengan beberapa bukti,” katanya di Semarang pada Kamis (16/1/2020).

Cabang KAS di Klaten, jelas Iskandar, dipimpin seseorang berpangkat Maha Menteri Keraton Agung Sejagat bernama Wiwik, Warga Desa Brajan, Kecamatan Prambanan.

Penemuan cabang itu ditandai dengan adanya batu prasasti, tempat pertemuan serta papan nama. Di Klaten, lanjut dia, Keraton Agung Sejagat sudah memiliki 28 pengikut.

Menurut dia, penyidik masih terus mendalami penanganan perkara Keraton Agung Sejagat pimpinan Totok Santosa bersama permaisurinya Fanni Aminadia.

Totok dan Fanni Aminadia ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah pada 14 Januari 2020.

Penyidik memiliki bukti permulaan yang cukup untuk keduanya sebagai tersangka. Tersangka memiliki motif untuk menarik sana dari masyarakat dengan menggunakan tipu daya. {suara}