News  

Gus Sholah di Mata Bamsoet: Negarawan Yang Gigih Rawat Persatuan Bangsa

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamasoet) berduka cita atas wafatnya KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Bamsoet mengatakan, Gus Sholah merupakan sosok negarawan yang gigih menjaga dan merawat persatuan bangsa.

“Almarhum Gus Sholah akan selalu dikenang sebagai negarawan yang gigih menjaga dan merawat persatuan bangsa. Saya dan segenap keluarga besar MPR sangat berduka atas wafatnya Gus Sholah,” kata Bamsoet, Senin (3/2/2020).

Menurut Bamsoet, Gus Sholah merupakan tokoh panutan yang selalu bekerja demi persatuan umat beragama. “Almarhum pun selalu berbicara dan bekerja demi terwujudnya persatuan umat beragama,” tutur politikus Golkar itu.

Selain itu, Bamsoet mengenang ketika Gus Sholah mendampingi Wiranto saat maju di Pilpres 2004. Oleh karena itu, ia mengatakan Partai Golkar turut kehilangan sosok Gus Sholah.

“Bukan hanya segenap keluarga besar NU yang merasa kehilangan karena berpulangnya Gus Sholah. Para sahabat almarhum dari berbagai kalangan dan komunitas lainnya pun merasakan kehilangan, termasuk Partai Golkar,” kata Bamsoet.

“Nama almarhum tak akan pernah hilang dari catatan Partai Golkar,” imbuh dia. Diberitakan, Gus Sholah wafat di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta pada Minggu (2/2/2020). Adik Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu adalah pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bamsoet Mengenang Gus Sholah: Negarawan yang Gigih Merawat Persatuan”, https://nasional.kompas.com/read/2020/02/03/10502741/bamsoet-mengenang-gus-sholah-negarawan-yang-gigih-merawat-persatuan.
Penulis : Tsarina Maharani
Editor : Fabian Januarius Kuwado