News  

Mewabah di Tiktok, Tantangan Berbahaya Skullbreaker Bisa Sebabkan Kematian

Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan challenge baru yang cukup viral terutama di platform TikTok. Tantangan bernama “tripping jump challenge” atau “skull breaker challenge” ini dilakukan oleh tiga orang yang berbaris berjajar.

Saat orang yang di tengah melompat, dua orang di sisi kanan dan kirinya menjegal kaki orang tersebut sampai jatuh.

Bukannya lucu, tantangan ini justru sangat berbahaya. Banyak pihak pun langsung mengecam challenge ini karena bisa mengancam keselamatan nyawa seseorang.

Bayangin aja, orang yang kena jegal saat melompat itu bisa jatuh dengan kepala terlebih dulu menimpa lantai, atau bagian punggung dan tulang ekornya.

Hal tersebut bisa menyebabkan cedera parah, gegar otak, cacat seumur hidup, bahkan sampai kematian.

Seorang siswi SMA di Miami, Amerika Serikat, pun telah menjadi korban. Ia mengatakan bahwa dirinya telah menjadi korban bully saat diminta teman-temannya di South Dade Senior High School untuk melakukan tantangan tersebut.

“Aku melompat sangat tinggi, dan aku ingat mereka menendangku,” ujar siswi yang nggak mau disebutkan identitasnya itu seperti dikutip dari NBC Miami.

Siswi tersebut kemudian dibawa ke rumah sakit. Seminggu setelahnya, ia bahkan mengatakan masih merasakan sakit.

“Aku nggak bisa menggambarkan rasa sakitnya. Nggak cuma secara fisik, tapi juga mental,” ujarnya.

Orangtua siswi tersebut telah menempuh jalur hukum untuk menuntut pihak sekolah, dan memindahkan anaknya ke sekolah lain.

Sedangkan teman-temannya yang terlibat dilaporkan telah mendapatkan sanksi disiplin yang berlaku.

Pemerintah setempat pun telah mengeluarkan pernyataan yang mengecam tindakan ini. Orangtua juga diminta untuk mengingatkan anak-anaknya supaya lebih bijak menggunakan sosial media, terutama hal-hal yang sedang trending. {grid}