Corona Belum Ada Obatnya, Ini Prediksi Bill Gates Kapan Vaksinnya Tersedia

Dunia menantikan kapan vaksin untuk virus corona bisa tersedia karena sampai saat ini, belum ada obatnya. Bill Gates yang memang giat beramal di bidang kesehatan mengutarakan prediksinya.

Sang pendiri Microsoft menyebut vaksin yang disetujui untuk mengobati penderita corona bakal tersedia dalam waktu 18 bulan mendatang dengan syarat semua prosesnya berjalan dengan baik.

Dalam tanya jawab di forum Reddit, Gates membocorkan bahwa berbagai organisasi sedang bekerja untuk membuat vaksin pertama virus corona. Jika sudah bisa diproduksi, vaksin itu awalnya akan diperuntukkan bagi tenaga medis sebelum ke populasi umum.

“Vaksin pertama akan diberikan pada pekerja kesehatan dan mereka yang penting. Ini bisa terjadi sebelum 18 bulan mendatang jika semuanya berjalan dengan baik,” cetusnya, dikutip detikINET dari Business Insider.

Yayasan Bill & Melinda Gates Foundation sendiri adalah salah satu pendukung Coalition for Epidemic Preparedness Innovations, lembaga yang mendanai ilmuwan untuk menemukan vaksin virus corona.

Perkiraan Bill Gates sesuai dengan beberapa pihak berwewenang. Anthony Fauci, kepala National Institutes of Health di Amerika Serikat, menyebut vaksin akan tersedia dalam waktu 12 sampai 18 bulan.

“Kita harus membuat banyak manufaktur untuk pendekatan berbeda-beda karena tahu sebagian tidak akan berhasil. Vaksin membutuhkan uji coba untuk memastikannya efektif dan aman,” tandas Gates.