Cegah Wabah Corona, TNI Polri Kompak Sterilisasi Masjid Agung Sibolga

Masjid Agung Sibolga, disterilisasi untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Jum’at (20/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebelum pelaksanaan Shalat Jum’at.

Sterilisasi dilakukan dengan menyemprotkan cairan desinfektan dan pembersihan beberapa titik yang menjadi perlintasan jemaah di Masjid terbesar dan termegah di Kota Sibolga ini dilakukan empat orang petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Personil TNI Polri.

Selain lantai ruang tempat salat, para petugas juga menyemprot ruang lainnya yang ada di dalam Masjid, mimbar, dan lain sebagainya demi keamanan pelaksanaan Salat Jum’at. Penyemprotan berakhir sekira pukul 11.00 WIB.

“Adapun penyemprotan cairan desinfektan ini sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 khususnya pada pelaksanaan Ibadah Salat Jum’at yang menghadirkan banyaknya Jamaah yang saling berinteraksi. Sehingga virus tersebut berpotensi menular dari satu orang ke orang lainnya,” ungkap Kapolres Sibolga AKBP Triyadi, SH, SIK

Lebih lanjut, Triyadi mengatakan kehadiran TNI Polri dalam sterilisasi Masjid Agung Sibolga ini merupakan representasi kehadiran negara ditengah-tengah masyarakat. “Ini bukti bahwa Negara hadir ditengah-tengah masyarakat, apalagi musim wabah covid-19 ini”, ujarnya.

Senada dengan Kapolres Sibolga, Dandim Tapteng Letkol Inf Dadang Alex mengatakan hal yang serupa, dan ini merupakan bentuk sinergitas nyata TNI Polri dalam membantu masyarakat.

Meski sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa menunda sementara Shalat Jum’at, dan digantikan menjadi Shalat Dzuhur sebagai bentuk pencegahan virus Corona, namun tidak menyurutkan semangat warga di kota itu untuk melaksanakan ibadah Shalat Jumat.

Shalat Jum’at berjamaah Masjid Agung Sibolga terasa berbeda karena dibarengi dengan Do’a Qunut Nazilah sebagai doa bersama meminta dijauhkannya bangsa Indonesia khususnya Kota Sibolga dari segala bentuk wabah, penyakit dan bala.