News  

Putin Lepas 800 Singa di Seluruh Rusia Agar Warga Tak Keluyuran? Ini Faktanya!

Di tengah pandemi global covid-19 meningkat di seluruh dunia, banyak informasi salah tentang virus tersebut. Tak dapat dipungkiri, platfrom media sosial dapat menjadi pusat meluasnya berita palsu.

Melansir Latesly, belum lama ini banyak unggahan di media sosial mengklaim Presiden Rusia, Vladimir Putin melepas 800 singa dan harimau di seluruh Rusia untuk menghentikan orang keluar rumah.

Foto tersebut beredar di Facebook Twitter, Whatsapp, dan platfrom lainnya. “Vladimir Putin memberi Rusia dua pilihan,” tulis satu di antara pengguna Twitter Muhammad Ahmed.

“Anda tinggal di rumah selama dua minggu atau masuk penjara selama lima tahun,” tambahnya.

“Tidak ada jalan tengan. Rusia, Vladimir Putin telah menjatuhkan 800 harimau dan singa di seluruh negara untuk mendorong orang agar tetap di rumah,” papar tulisan tersebut.

“Tetap aman semuanya,” ucap pengguna Twitter tersebut.

Lebih lanjut, klaim tersebut dinyatakan hoaks. Tim pemeriksa fakta dari Latesly menemukan bahwa gambar singa yang berada di jalanan viral pada 2016 lalu.

Unggahan tersebut juga sempat diberitakan oleh Daily Mail. Gambar yang menunjukkan singa tersebut berkeliaran sudah beredar tahun 2016 di Afrika Selatan. {tribun}