Hetifah Salurkan Belasan Ribu APD Untuk Tenaga Medis di Kaltim Kaltara

Meningkatnya pasien positif Covid-19 di sejumlah Rumah Sakit (RS) Rujukan di Kalimantan Timur (Kaltim) membuat semua ornag prihatin. Tidak terkecuali Hetifah Sjaifudian, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim yang merasakan keprihatinan dan turut tergerak.

Hingga hari ini (kamis, 28 Mei 2020) saja, di Kaltim tercatat sebanyak 276 orang dinyatakan positif, 151 pasien sedang dirawat, dan 3 orang meninggal dunia.

Hetifah, legislator Partai Golkar yang juga menjabat Wakil ketua komisi X DPR RI ini menyampaikan duka mendalamnya dengan peningkatan ini.

Pandemi ini menuntut kesadaran kita semua untuk saling melindungi satu sama lain, memutus rantai penyebaran dan yang tak kalah penting menjaga garda terdepan penanganan pasien yaitu para tenaga medis.

“Dokter dan perawat menjadi aktor penting dalam penanganan pasien covid-19. Dari banyaknya kasus Covid-19 yang meningkat di Kaltim, kita patut bersyukur terdapat 122 pasien yang sembuh,” terangnya.

Selain itu, sebagai langkah nyata. Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini memberikan bantuan ribuan perlengkapan khusus bagi tenaga medis.

“Ada beberapa tahap pembagian, total 10.000 masker dan 5.460 Alat Pelindung Diri (APD). Untuk hari ini terdapat 2.460 APD berupa, baju hazmat, dan sepatu boots ; yang akan diberikan kepada Fakultas Kedoteran Universitas Mulawarman (FK Unmul) melalui dr. Ika Fikriah, M.Kes selaku Dekan,” jelasnya.

Selanjutnya, menyusul 3.000 APD untuk 11 RS rujukan di Kaltim dan Kaltara yang akan di distribusikan melalui FK Unmul.

“Terkait bantuan ini, semoga dapat membantu tenaga medis dalam menangani pasien covid-19, dan jangan sampai mereka juga ikut tertular. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada dr. Ika Fikriah, M.Kes yang telah banyak membantu dalam menyalurkan bantuan ini,” pesannya.

Sementara itu, dr. Ika Fikriah, M.Kes selaku dekan FK Unmul menjelaskan bahwa bantuan ini akan segera disalurkan ke RS rujukan di Kaltim dan Kaltara, serta untuk para mahasiswa FK Unmul yang sedang bertugas di RS.

“Kami mengucapkan terima kasih atas inisiasi dari Ibu Hetifah selaku Wakil Ketua Komisi X atas bantuan APD ini,” tambahnya

Sebelumnya, di laman media sosial @hetifah, ibu empat anak perempuan ini juga telah memberikan bantuan ratusan APD untuk beberapa Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Puskemas, dan Puskesmas Pembantu daerah terpencil di Paser.

Hetifah juga membagi ribuan masker dan paket Sembako untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dalam menghadapi pandemi ini.