AHY Sambangi Airlangga, Golkar-Demokrat Bahas Koalisi Pilkada di 33 Daerah

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pertemuan itu berlangsung di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, pada Kamis (25/6/2020) malam.

Usai pertemuan, Airlangga berkata pihaknya membahas berbagai hal, salah satunya mengenai Pilkada Serentak tahun 2020 dan berpotensi penambahan peta koalisi baru dengan Partai Demokrat untuk sejumlah daerah yang mengikuti Pilkada serentak 2020.

“Kita berbicara mengenai agenda politik terkait pilkada di tanggal 9 Desember nanti. Pilkada ini adalah pilkada dalam situasi new normal. Tentu berbeda dengan pilkada-pilkada sebelumnya.”

“Partai Golkar dalam pilkada ini ada 33 pasangan bersama dengan Partai Demokrat dan ada potensi 31 daerah lain,” ujar Airlangga.

Ia mengatakan, Partai Golkar juga akan bekerjasama dengan Demokrat di level provinsi atau kabupaten/kota saat Pilkada 2020, meskipun Demokrat berada di luar koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Tentu kita bersama-sama berbicara bagaimana bekerja sama di level provinsi atau kabupaten/kota. Karena ini sama-sama di dalam kondisi partai yang multipartai ini tentu gubernur, bupati, walikotanya adalah koalisi dari berbagai partai.”

“Dan ini tidak hanya tertutup kepada partai yang ada di pemerintahan, tapi partai yang juga di luar pemerintahan pada saat sekarang,” tutur Airlangga.

Sementara itu, Ketum Demokrat AHY mengharapkan adanya pertemuan kedua pimpinan parpol itu bisa menghadirkan sebuah kebaikan dalam menghadapi Pilkada 2020.

“Mudah-mudahan di berbagai daerah yang kita anggap potensial dan memiliki chemistry yang baik antara kandidat yang kita usung jika itu menjadi kebaikan maka bisa kita bangun koalisi yang baik di daerah,” kata AHY.

Di samping itu, AHY mengaku sebelum menemui Airlangga juga sudah berjumpa dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

“Saya juga menyampaikan tadi, bahwa minggu lalu, saya sudah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di kediaman beliau,” ucap AHY.

Adapun pertemuan itu menurut AHY melaporkan hasil kongres partainya yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. “Dan juga kepengurusan DPP Partai Demokrat yang sudah disahkan,” tutur AHY. {okezone}