BalapFormula 1

F1 Tambah Seri Nurburging, Portimao dan Imola Untuk Kalender Musim 2020

0

Pihak Formula One (F1) beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa mereka telah menambah tiga balapan Eropa untuk kalender kejuaraan dunia 2020. Ketiga seri tersebut adalah Nurburgring, Portimao, dan Imola.

Sebagaimana diketahui, F1 2020 memang berlangsung penuh dengan polemik dampak dari pandemi virus Corona (Covid-19) yang mewabah di hampir seluruh dunia. Sejumlah balapan yang sudah direncanakan pun harus batal berlangsung.

Teranyar tiga balapan yang berlangsung di Benua Amerika, yakni Grand Prix (GP) Amerika Serikat (AS), Meksiko, dan Brasil dipastikan absen menggelar balapan F1 2020. Kasus penyebaran virus Corona yang masih tinggi di ketiga negara tersebut jadi alasan F1 batal menggelar balapan mereka di sana.

Sebagai gantinya, pihak F1 pun menunjuk tiga lokasi balapan baru untuk menggantikan seri-seri tersebut. Ya, pihak F1 beberapa waktu lalu menunjuk Nurburgring, Portimao, dan Imola sebagai tuan rumah teranyar musim ini.

Kalender revisi sekarang terdiri dari 13 balapan, sementara F1 berkomitmen untuk tetap menggelar 15 hingga 18 balapan dengan dua GP terakhir di Bahrain dan Abu Dhabi pada Desember nanti. Terlebih F1 sendiri sudah terikat kontrak hak siar televisi agar tetap menggelar minimal 15 balapan tahun ini.

Hal tersebut pun diumumkan langsung oleh F1 sendiri melalui akun Twitter mereka belum lama ini. F1 mencatumkan jadwal balapan di ketiga seri tersebut, yang mana GP Nurburgring (9 -11 Oktober), Portimao (23-25 Oktober), dan Imola (31 Oktober -1 November).

“Karena sifat pandemi virus Corona yang berubah-ubah, restriksi lokal dan pentingnya menjaga masyarakat dan rekan-rekan kami tetap aman, maka tidak mungkin menggelar balapan di Brazil, AS, Meksiko dan Kanada musim ini,” ucap tulis pernyataan F1, seperti disadur dari Eurosport, Minggu (26/7/2020).

Dengan begini total sudah terdapat 11 balapan yang sudah dipastikan batal digelar pada F1 2020. Ke-11 balapan itu termasuk juga GP Australia, Prancis, Monako, Belanda, Azerbaijan, Singapura, Jepang dan China.

Sementara untuk balapan di GP Portugal, ini jadi kali pertama negara di selatan Eropa tersebut kembali menggelar balapan F1. Terakhir kali Portugal menjadi tuan rumah ajang balap Jet Darat tersebut terjadi pada edisi 1996.

Sedangkan untuk GP Imola membuat Italia menjadi negara terbanyak dalam penyelengaraan F1 2020. Ya, Italia secara total telah dipastikan akan menggelar tiga balapan di tiga sirkuit berbeda. Dua sirkuit lainnya adalah Mugello dan Monza. {okezone}

Klasemen Akhir Liga Inggris 2019-2020, MU dan Chelsea Lolos ke Liga Champions

Previous article

Finish Ketiga di MotoGP Andalusia, Rossi Cetak Podium Pertama Sejak MotoGP Amerika 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *