News  

Ini Cara Cek Pengumuman Lolos Prakerja Gelombang 7 di Laman prakerja.go.id

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 resmi ditutup pada Senin, 7 September 2020. Kuota gelombang 7 sama dengan kuota-kuota sebelumnya, yakni sebanyak 800.000 orang.

Setiap peserta yang lolos seleksi akan diberikan insentif sebesar Rp1 juta untuk mengikuti berbagai pelatihan yang disediakan.

Sebanyak 2.8 juta orang mendaftar untuk mendapat kartu prakerja gelombang 7, namun bagi yang belum lolos, masih bisa mengikuti pendaftaran di gelombang 8 yang akan segera dibuka.

Tercatat dari gelombang satu sampai enam sudah ada sebanyak 3 juta penerima kartu prakerja. Target yang ditetapkan pemerintah adalah sebanyak 5.6 juta orang.

Untuk mencapai target pemerintah, masih ada kuota sebanyak 2.6 juta orang yang akan diberikan kartu prakerja di gelombang-gelombang selanjutnya.

Dari sebanyak 2.8 juta pendaftar, maka akan dipilih kembali sebanyak 800.000 orang sesuai prioritas dan hasil seleksi yang telah dilakukan.

Bagi para pendaftar kartu prakerja gelombang 7, simak cara mengetahui apakah lolos di gelombang 7 atau tidak seperti dilansir Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs resmi Pekerja.go.id, berikut caranya:

1. Pada tanggal pengumuman seleksi, lakukan login akun di situs prakerja.go.id

2. Setelah login, cek dashboard, maka hasilnya akan terlihat.

3. Bagi yang lolos seleksi juga akan mendapat pemberitahuan melalui SMS ke nomor yang di daftarkan saat mendaftar kartu prakerja, sehingga pastikan nomor yang didaftarkan tetap aktif.

4. Setelah itu, bagi yang lolos seleksi bisa melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akunmu.

5. Bagi yang tidak lolos juga akan ada pemberitahuan ‘Tidak Lolos’ atau ‘Kamu Belum Berhasil’ di dashboard akun Kartu Prakerja

Bagi yang belum lolos di gelombang 7 karena kehabisan kuota, masih bisa melakukan pendaftaran kembali di gelombang 8 dan tidak perlu mengulang proses pendaftaran dari awal.

Apabila ada yang sudah tiga kali mendaftar dan masih belum berhasil mendapat Kartu Prakerja, maka harus mengunduh Surat Pernyataan di situs prakerja.go.id dan mengisi form sesuai data diri.

Setelah melengkapi data diri, lalu kirimkan ke email [email protected] agar bisa dilakukan pengecekan oleh Manajemen Pelaksana.

Itulah cara cek kelulusan akun Kartu Prakerja, bagi yang belum lolos jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan di gelombang selanjutnya. {pikiranrakyat}