Tekno

Lewat Platform KaryaKarsa, Para Kreator Konten Kreatif Bisa Hasilkan Cuan Lumayan

0

Hanya berbekalponsel pintardan imajinasi, seorang penulis di Pasuruan, Jawa Timur mampu menciptakan karya berupa novel bersambung yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pembacanya.

Dalam waktu 11 hari saja, perempuan bernama Sifa Syafii ini mampu mendapat lebih dari 1.000 pendukung melalui karyanya “Dipaksa Menikah Lagi”.

Meski memiliki karya yang populer, Sifa mengaku pekerjaan utamanya adalah ibu rumah tangga.

“Kegiatan sehari-hari saya makan dan tidur, terkadang saja mengetiknya. Awalnya hanya iseng, ternyata bisa dapat penghasilan dari sini. Jadi semakin semangat,” jawab Sifa.

Oleh sebab itu, ia juga tidak menyangka bisa berpenghasilan dari kegiatan menulisnya.

Selain Sifa, seorang penulis yang berdomisili di Medan bahkan mampu menghasilkan 10 hingga 30 juta per bulan dari hasil tulisannya di KaryaKarsa.

Bukan hanya penulis yang mendapatkan penghasilan luar biasa, beberapa komikus pun merasakan penghasilan hingga beberapa kali UMR di daerahnya. Seolah tak mau kalah, kreator di kategori Edukasi dan Tutorial juga kerap mendapatkan #GajiandiKaryaKarsa yang tidak sedikit dari karya mereka.

“Kami memang ingin para kreator ini bisa merasakan ‘gajian’ dari karya mereka,” ujar Ario Tamat, founder KaryaKarsa. “Selama ini para pekerja kreatif terbiasa bekerja secara project base, alias dapat honornya di saat yang tidak menentu.

Kreator bebas menentukan karya apa yang ditawarkan, menyajikan karya dengan cara seperti apa dan mengatur harga tiap karyanya sendiri.

“Bebas. Mau bentuknya novel, komik, foto, webtoon, pdf, psd, embed video YouTube, kelas atau konsultasi online pakai link Google Meet atau Zoombahkan upload lagu atau file audio, kami ada player dan viewer-nya.”

“Jadi para pendukung tinggal menikmati karyanya,” jelas Ario, yang pernah menggawangi beberapa start-up dan berpengalaman di industri musik ini. {sindo}

Andi Arief: Mudah-Mudahan NU Masih Punya Ruang Maaf Bagi Gus Nur

Previous article

10 Tayangan Asia Terbaik di Netflix, Cocok Untuk Tontonan Akhir Pekan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *