Tekno  

Ini Fitur Baru WhatsApp Yang Bisa Hemat Memori Ponsel

WhatsApp meluncurkan fitur yang memudahkan pengguna untuk mengatur penyimpanan data agar bisa menghemat memori smartphone. Fitur itu bernama Storage Management yang akan segera diluncurkan pada pekan ini.

Fitur ini bisa memudahkan pengguna mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten di aplikasi WhatsApp secara sekaligus. Sistem akan mengelompokkan file dokumen yang pernah dibagikan pengguna, termasuk media yang telah di-forward berkali-kali.

Storage Management ini juga bisa mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran, mulai yang paling besar hingga terkecil. Tapi kamu tidak perlu khawatir fitur ini akan menghapus sembarang data tanpa seizin pengguna.

Kamu juga masih bisa melihat dan memilih dokumen mana saja yang perlu dihapus dan disimpan. Jika sudah meluncur, fitur ini akan muncul di salah satu opsi Settings.

Untuk cara menggunakan fitur Storage Management, pengguna bisa buka Setting, pilih Storage and data, kemudian masuk ke opsi Manage storage. Di sana akan muncul data-data apa saja yang memenuhi memori WhatsApp berdasarkan urutannya.

Hingga saat ini, WhatsApp memang sudah memiliki fitur untuk mengelola data aplikasi. Namun, hal itu hanya sebatas penyortiran chat, jumlah pesan, foto, GIF dan video pada obrolan dan memungkinkan pengguna untuk menghapus data dari tiap kategori.

Fitur ini memang memudahkan pengguna. Sayangnya, pengguna jadi tidak bebas untuk menjelajah konten mana saja yang ingin dihapus sekaligus memilah-milah foto dan obrolan penting.

Sementara fitur Storage Management akan menawarkan kelompok chat yang di-forward berkali-kali dan yang memiliki kapasitas lebih dari 5 MB. Ini akan memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi konten yang tidak mereka butuhkan atau inginkan lagi. {kumparan}