Bek Persija Ryuji Utomo Dipinjamkan Ke Klub Promosi Liga Super Malaysia, Penang FC

Persija Jakarta membuktikan komitmen untuk membantu pengembangan karir pemainnya di tengah ketidakpastian kompetisi Indonesia. Macan Kemayoran meminjamkan bek andalannya, Ryuji Utomo ke tim Malaysia Super League, Penang FC.

Kepastian ini disampaikan Presiden Klub Persija Mohamad Prapanca. Menurut dia, Penang FC menjadi salah satu dari sekian klub yang serius mendekati Ryuji. Tawaran tersebut merupakan yang paling baik untuk Ryuji dibanding proposal tim-tim lainnya.

Ryuji akan berada di Penang FC selama semusim, hingga Desember 2021 mendatang. Manajemen Macan Kemayoran berharap, peminjaman Ryuji ke klub Malaysia itu dapat memberikan dampak positif bagi karier Ryuji, dan juga Timnas Indonesia.

“Proses kepindahan Ryuji ke Penang FC sudah rampung. Penang tertarik dengan jasa Ryuji karena memiliki kualitas yang sangat baik, serta mempunyai kepribadian yang bagus.”

“Kami yakin sepulangnya dari Penang, Ryuji akan semakin matang dan menjadi tembok kokoh bagi lini belakang Persija,” tutur Mohamad Prapanca dilansir laman Persija, Selasa (1/12/2020).

Penang FC merupakan klub promosi setelah sebelumnya menjadi juara Malaysia Premier League 2020 (kasta kedua Liga Malaysia). Di ajang lain, Penang juga memiliki catatan empat kali juara Malaysia Cup, dan sekali Malaysia FA Cup.

Sebelumnya manajemen Persija menyatakan siap melepas pemainnya untuk berkompetisi di luar negeri. Kebijakan ini untuk memberikan kesempatan kepada pemain mengembangkan karir sekaligus respons atas ketidakjelasan lanjutan Liga 1 2020 akibat pandemi virus corona.

Beberapa klub Asia yang menyatakan tertarik merekrut pemain Persija. Namun meski membuka ruang, Persija akan tetap memprioritaskan tawaran yang menguntungkan pemain serta klub.

Selain Ryuji Utomo, sejumlah punggawa Persija yang disebut-sebut diminati sejumlah klub luar negeri di antaranya Rezaldi Hehanusa, Riko Simanjuntak, Evan Dimas, dan Marc Klok. {sindonews}