PDI Perjuangan Tak Ingin Sandiaga Masuk Kabinet Sekedar Simbol Politik Merangkul Lawan

Politikus PDIP, Andreas Hugo Pareira menyebut, kehadiran Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) harus memberi faktor pertumbuhan untuk pemerintahan Presiden Jokowi.

Dia tak ingin masuknya Sandi di kabinet hanya sebagai simbol merangkul lawan politik setelah Pilpres 2019.

“Kehadiran Sandiuno harus menjadi faktor percepatan bagi pemerintahan Jokowi di bidang Parekraf. Bukan hanya sekadar simbolik politik merangkul lawan tanding setelah akhir kompetisi,” katanya, Jumat (25/12).

Menurutnya, salah satu bidang yang paling terkena dampak pandemi ini adalah pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebab, multiplier effetnya tinggi untuk bidang tenaga kerja yang bersumber dari mobilitas manusia.

Anggota Komisi X DPR ini bilang, sangat terasa dampak yang ditimbulkan oleh pandemi akibat PSBB dan pembatasan-pembatasan mobilitas manusia lainnya.

“Jutaan tenaga kerja dan keluarganya terpaksa berhenti beraktivitas, mulai dari bidang transportasi, agen perjalanan, hotel dan ekonomi kreatif yang terpaksa berhenti bekerja akibat pandemi,” ucapnya.

Andreas menambahkan, Sandiaga Uno diharapkan mampu berinovasi di bidang Kemenparekraf. Serta menggunakan nalar kreasinya untuk menciptakan ruang-ruang aktivitas di bidang Parekraf.

“Sehingga paling tidak minimal para pelaku Parekraf mampu bertahan dalam situasi pandemi ini, untuk kemudian bangkit kembali dan melakukan percepatan pertumbuhan Parekraf ketika pandemi ini berkakhir,” tandasnya. {merdeka}