News  

Survei ARSC, Elektabilitas Anies Salip Prabowo, Ganjar Di Posisi Ketiga

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ungguli Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terkait elektabilitas figur yang layak diusung pada Pilpres 2024.

Begitu hasil survei yang dirilis Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) dalam webinar bertema “Sumber Kepemimpinan Nasional: Menuju 2024” pada Sabtu (22/5).

Keunggulan Anies diperoleh saat responden diajukan pertanyaan terbuka, jika pilpres digelar hari ini akan memilih siapa.

“Hasilnya Anies Baswedan memperoleh 17,01 persen, Prabowo Subianto 14,31 persen dan disusul Ganjar Pranowo 11,25 persen,” ujar peneliti ARSC, Bagus Balghi saat memaparkan rilis survei.

Melengkapi figur unggulan dengan suara di atas lima persen ada Menparekref Sandiaga S. Uno 6,87 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,86 persen, dan Ketua Umum Partai Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5,55 persen.

Selanjutnya, ada Mensos Tri Rismaharini 3,97 persen, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 3,83 persen, serta Ketua DPR RI Puan Maharani 2,48 persen.

Sementara dengan perolehan suara di bawah 1 persen ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Mendagri Tito Karnavian, Wapres Maruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi dengan 60 persen berusia muda di bawah 30 tahun dan usia minimal 17 tahun.

Metode survei yang dipakai adalah multistage random sampling dan dilakukan selama periode 26 April-8 Mei melalui sambungan telepon. Adapun margin error plus minus 2,9 persen {rmol}