News  

Panen Raya di Sumedang, Anies Baswedan: Cara Kami Balas Budi Kepada Petani

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap alasannya ikut dalam panen raya di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Jumat, 11 Juni 2021, kemarin.

Sebagai informasi, kegiatan Anies Baswedan di Kabupaten Sumedang ini sempat menjadi sorotan bahkan masih ramai diperbincangkan di jagat maya termasuk linimasa Twitter.

Banyak netizen yang mencibir dengan agenda orang nomor satu di DKI Jakarta ikut dalam panen raya di Sumedang itu, tetapi tak sedikit pula yang justru menyampaikan apresiasinya.

Melalui akun Facebook pribadinya yang di unggah, Jumat, 11 Juni 2012, Anies Baswedan sempat membagikan kegiatannya saat berada di Kabupaten Sumedang.

“Alhamdulillah, pagi tadi melakukan panen raya bersama Bupati Sumedang, Pak Dony Ahmad Munir di area persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat,” tulisnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com.

“Sumedang merupakan salah satu lumbung penghasil beras, yang memasok kebutuhan pangan warga Jakarta, melalui PT Tjipinang Food Station sebagai penyuplai dan PD Pasar Jaya sebagai pihak yang memasarkan kebutuhan pangan tersebut,” sambungnya.

Dalam unggahannya itu, Anies Baswedan menjelaskan tujuan Pemprov DKI Jakarta ikut terlibat langsung dalam panen raya di salah satu daerah di Jawa Barat itu.

“Kegiatan panen ini adalah bentuk keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan kerjasama daerah terutama di sektor pangan,” tulisnya.

“Ini ikhtiar kita bersama semata-mata, agar di satu sisi, para petani di sini mendapatkan harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau,” sambung Anies Baswedan.

“Maka, setiap keluarga atau rumah tangga di Jakarta bisa tenang jika harga pangan stabil, dikarenakan jumlah pasokan aman,” tulisnya menambahkan.

Sementara itu, di akhir unggahannya orang nomor satu di DKI Jakarta itu ingin melalui momen panen raya dapat menjadi salah satu cara dalam memaknai peran para petani dalam kehidupan.

“Ini adalah cara kami masyarakat perkotaan untuk membalas budi kepada para petani. Karena merekalah yang selama ini bekerja senyap dan tak terlihat, namun manfaatnya kita rasakan,” tulisnya.

“Semoga dengan kerja sama saat ini para petani menjadi sejahtera dan kita yang di Ibu Kota bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan stabil, terima kasih Pak Bupati dan para petani Sumedang,” sambung Anies Baswedan. {pikiranrakyat}