Hasil F1 GP Styria 2021, Verstappen Menang Mudah Hamilton Posisi Kedua

Hasil balapan F1 GP Styria 2021 menempatkan pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen, sebagai pemenang. Laju Verstappen begitu mulus untuk merebut kemenangan.

Alhasil, Verstappen terus memimpin sejak awal hingga garis finis dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (27/6/2021) malam WIB itu.

Begitu balapan dimulai, Verstappen yang menempati pole position mampu melaju tanpa hambatan. Dia dapat mejaga sang rival, Lewis Hamilton, tertahan di posisi kedua. Sementara Lando Norris yang mengendarai McLaren menempati posisi ketiga.

Nasib berbeda sayangnya harus dialami pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc. Dia bersenggolan dengan pembalap Scuderia Alpha Tauri, Pierre Gasly, hingga sayap depan mobil Leclerc mengalami kerusakan.

Gasly juga harus berkendara dengan ban dan suspensi yang rusak, usia menyenggol Alfa Romeo milik Antonio Giovanazzi. Leclerc dan Gasly akhirnya masuk ke pit di akhir putaran pertama.

Sementara Verstappen, dia tak mengalami banyak gangguan di posisi terdepan. Dalam waktu 10 putaran, dia mampu menjaga jarak dengan Hamilton menjadi 2,8 detik.

Selain Verstappen, pembalap keduanya, Sergio Perez, juga masuk ke posisi tiga besar usai menyalip Norris pada putaran ke-10.

Baik Verstappen dan Hamilton kemudian tampak sedikit mengurangi agresivitasnya. Mereka berusaha untuk menjaga kondisi ban agar bisa digunakan dalam beberapa putaran selanjutnya.

Verstappen kemudian dipanggil untuk mengganti ban pada putaran ke-30. Beruntung, kali ini kru mekanik Red Bull tak membuat kesalahan, sehingga pembalapnya tetap memimpin di depan Hamilton. Setelah itu, Verstappen melaju tanpa gangguan.

Walau kesulitan mengejar, Hamilton tak diam begitu saja. Dia bahkan mencatatkan waktu putaran tercepat. Sayang, hal itu tak dapat memangkas jaraknya dengan Verstappen, yang mencapai tujuh detik pada putaran ke-52.

Verstappen bahkan dapat memperlebar keunggulannya menjadi 10 detik di putaran ke-61. Pada 10 putaran tersisa, dia sama sekali tak tersentuh dan memenangkan balapan

Berikut hasil lengkap F1 GP Styria 2021:

1 Max Verstappen NED Red Bull Racing 71 LAPS

2 Tim Formula Satu Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas + 35,743 detik

3 Valtteri Bottas FIN Tim Formula Satu Mercedes AMG Petronas + 46.907 detik

4 Sergio Perez MEX Red Bull Racing + 47.434 detik

5 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 1 Lap

6 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari Mission Winnow + 1 Lap

7 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari Mission Winnow + 1 Lap

8 Lance Berjalan BISA Aston Martin Sadar Tim Formula Satu + 1 Lap

9 Fernando Alonso ESP Alpine F1 Team + 1 Lap

10 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri Honda + 1 Lap

11 Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen + 1 Lap

12 Sebastian Vettel GER Aston Martin Sadar Tim Formula Satu + 1 Lap

13 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 1 Lap

14 Esteban Ocon FRA Alpine F1 Team + 1 Lap

15 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen + 1 Lap

16 Mick Schumacher GER Tim F1 Uralkali Haas + 2 Lap

17 Nicholas Latifi BISA Williams Racing + 3 Lap

18 Nikita Mazepin RUS Uralkali Haas Tim F1 + 3 Lap

DNF Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda DNF

DNF George Russell GBR Williams Balap DNF {okezone}