Digosipkan Pindah ke MotoGP, Ini Respons Juara Superbike Jonathan Rea

Pembalap Superbike asal Irlandia Utara, Jonathan Rea, dikabarkan akan pindah ke MotoGP pada musim 2022. Dia dilaporkan akan bergabung dengan Tim satelit Petronas Yamaha SRT.

Dikutip dari SpeedCafe, Rabu (3/8/2021), kabar ini tersebar setelah Direktur Tim SRT, Johan Stigefelt, menyebut secara eksplisit bahwa Rea cocok untuk timnya.

Namun Rea menepis kabar tersebut bahwa tidak ada tawaran untuknya karena tim-tim MotoGP biasanya menawarkan itu ke pembalap muda.

Pembalap berusia 34 tahun itu bukanlah sosok baru dalam dunia MotoGP. Rea pernah mencicipi dua balapan MotoGP ketika menggantikan Casey Stoner pada 2012. Stoner digantikan karena menderita cedera pergelangan kaki selepas GP Indianapolis.

Pada 2019, Rea berkesempatan menjadi pembalap penuh waktu bersama Repsol Honda. Namun kesempatan itu akhirnya jatuh ke tangan Jorge Lorenzo.

Lebih lanjut, Rea juga menjawab tentang kemungkinannya pindah ke MotoGP jika ia sukses memenangkan gelar juara dunia Superbike ketujuh berturut-turut tahun ini. Rea pun berpendirian “tidak pernah berkata tidak pernah” untuk MotoGP.

“Ketika saya mengatakan tidak pernah berkata tidak pernah, itu terkait dengan MotoGP secara umum, bukan dengan Petronas (SRT),” kata Rea kepada Speedweek Jerman, Selasa (3/8/2021).

“Pada akhirnya, bagaimanapun, saya akan tetap berada di Kejuaraan Dunia Superbike. Saya memiliki perjanjian jangka panjang dengan Kawasaki dan saya akan melanjutkannya dengan tim ini,” ujar juara dunia Superbike enam kali berturut-turut itu.

“Tentu saja, itu adalah cerita yang bagus, semua dimulai dengan Stigefelt yang mengatakan bahwa saya sangat cocok untuk mereka,” tambah Rea.

Dia dilaporkan akan menggantikan Franco Morbidelli yang dikabarkan naik kelas ke Tim Moster Yamaha menggantikan Maverick Vinales yang memutuskan mudur dari tim pada akhir musim ini.

Semenara pembalap Yamaha SRT lainnya, Valentino Rossi dirumorkan pensiun atau pergi ke timnya yaitu VR46.

Rea tengah memimpin Kejuaraan Dunia Superbike, yang berlanjut di Autodrom Most Republik Ceko akhir pekan ini. MotoGP juga memulai paruh kedua musim pada hari Jumat (6/8) ini di Grand Prix Styria di Red Bull Ring, Austria. {okezone}