Sembuh Dari COVID-19, Chacha Frederica Suka Ngos-Ngosan dan Muntah Usai Olahraga

Chacha Frederica sempat mengabarkan dirinya positif COVID-19 pada Juli lalu. Sebelum Chacha, ibu dan kakaknya sudah lebih dulu terpapar virus corona. Tak lama kemudian, perempuan berusia 31 tahun itu mulai merasa tak enak badan.

Selain itu, suami Chacha yang merupakan Bupati Kendal, Dico Ganinduto, juga diketahui positif COVID-19. Saat ini, Chacha dan keluarga sudah sembuh. Chacha mengatakan bahwa dirinya hanya positif COVID-19 selama 3 hari.

“Cuma 3 hari. Karena aku itu yang terakhir kena. Pertama, ajudan kena ke sopir, kena ke ART, abis itu ke mama, ke kakak ipar, ke kakak aku. Jadi, aku sudah persiapan mental kalau aku kena, apa yang harus dilakukan.

Bismillah, harus siap mental dan enggak boleh stres, itu salah satu kunci,” ujar Chacha Frederica saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Menurut Chacha, selama positif ia tidak merasakan gejala apa pun. Ibu satu anak itu bahkan masih bisa makan dengan lahap.

“Enggak ada anosmia, aku makan semua enak, enggak flu, dan enggak batuk. Jadi mungkin aku termasuk yang tanpa gejala kali, ya,” tuturnya.

Chacha Frederica Terkena Long COVID dan Mudah Capek

Meski merasakan tanpa gejala, Chacha rupanya tetap terkena Long Covid. Ia mengaku bahwa usai kena COVID-19, Chacha menjadi lebih gampang capek, terutama saat berolahraga.

“Biasanya lari bisa konsisten, ini kayak lebih gampang ngos-ngosan. Olahraga standar kayak jumping jack dan lain lain yang biasa aku lakuin, bisa muntah habis itu,” ujarnya.

Ibu satu anak ini pun sempat menghubungi salah satu temannya yang memang merupakan personal trainer dan menanyakan mengapa dirinya bisa muntah usai berolahraga.

“Padahal enggak angkat beban berat atau melakukan yang di luar kebiasaan aku, terus dia bilang enggak apa-apa mungkin perlu adaptasi. Jadi, aku disuruh minum cairan dikasih air gula biar tubuhnya stabil lagi,” ujarnya.

Lantas, bagaimana dengan anak Chacha dan Dico saat mereka diketahui positif COVID-19?

“Karena suami CT-nya 27 dan lebih rendah daripada aku, jadi suami di Kendal dan aku ke Jakarta untuk isolasi mandiri di rumah yang ada di sini. Anak tetap sama aku dan dokter anaknya juga minta kalau tidur sama dia, aku pakai masker. Ya, pengap tapi mau enggak mau,” pungkasnya. {kumparan}