News  

Gandeng LAPAN, Mensos Risma Bakal Awasi Rumah Penerima Bansos Lewat Citra Satelit

Kementerian Sosial masih melakukan pembenahan data penerima bansos. Termasuk memadankan dengan Nomor Induk Kependudukan sebab data tersebut terus dinamis.

Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma berencana untuk bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) guna memvalidasi data penerima bansos.

Menurut Risma, kerja sama dengan LAPAN nantinya akan bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos.

“Kami bekerja sama juga dengan LAPAN, kita akan tahu nanti kalau posisi dari rumah itu dengan data geospasialnya, data citra satelitnya. Kita akan tahu positional rumah itu.

Sehingga someday suatu saat maka kita akan tahu kalau dia ngomong “saya masih miskin, lah rumahnya tambah besar kok”, kan kita bisa bandingkan,” kata Risma dalam acara webinar KPK yang bertajuk “Bansos Dipotong, ke Mana Harus Minta Tolong?”, Kamis (19/8).

Ia mengatakan, saat ini pengecekan tersebut baru bisa dilakukan dengan menggandeng PT POS Indonesia yang bersinggungan langsung dengan penerima bansos.

“Karena kebetulan PT POS mengantar, kami minta tambahan aplikasi untuk foto dan foto rumah dan titik koordinatnya, kami punya sekarang,” kata Risma.

“Ke depan kita akan lengkapi itu sehingga kita punya data numerik, kemudian data spasial, kemudian data kondisi yang tadi disampaikan Prof Zudan (Ditjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrullah) dengan compare dengan data kependudukan,” sambungnya. {kumparan}