Tjun Tjun, Pebulutangkis Legendaris Indonesia Yang Raih Medali Asian Games Hingga Juara Dunia

NAMA Tjun Tjun mungkin tak asing bagi pencinta bulu tangkis Indonesia era 2000-an. Padahal, Tjun Tjun merupakan salah satu pebulu tangkis terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, khususnya di nomor ganda putra.

Bukan tanpa alasan Tjun Tjun didaulat menjadi salah satu pebulu tangkis terbaik Indonesia. Pasalnya, Tjun Tjun bersama rekan duetnya Johan Wahyudi berhasil meraih segudang gelar bergengsi yang membanggakan di jagat bulu tangkis.

Tak tanggung-tanggung, Tjun Tjun dan Johan Wahyudi menyabet rekor fantastis di ajang All England Open sebanyak enam kali yaitu pada tahun 1974, 1975, 1977, 1978, 1979, 1980, dan menjadi runner up dua kali di tahun 1973 dan 1981.

Tjun-Tjun tercatat pernah bermain di tiga sektor yakni di tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran. Namun dari ketiga sektor tersebut, Tjun Tjun lebih tampil gemilang bermain di sektor ganda putra.

Duet Tjun Tjun dan Johan Wahyudi terbilang cukup manjur dengan berhasil menyegel Juara Dunia tahun 1977 usai mengalahkan pasangan senegarany yaitu Christian Hadinata/Ade Chandra dengan skor 15-6, 15-4.

Tak berhenti sampai disitu, kesuksesan Tjun Tjun dan Johan Wahyudi juga berlanjut ke ajang beregu yaitu Piala Thomas. Tjun Tjun/Johan Wahyudi berhasil menyabet tiga gelar Piala Thomas yaitu tahun 1973, 1976, dan 1979.

Selain itu, Tjun Tjun menyabet dua medali Asian Games di dua sektor sekaligus yaitu di sektor ganda putra, Tjun Tjun sukses mengalungkan medali emas. Sedangkan di sektor ganda campuran Tjun Tjun menyabet medali perak.

Pada ajang SEA Games dan Asian Championship, Tjun Tjun kembali menorehkan prestasi dengan berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia.

Demikian, kisah heroik Tjun Tjun yang tenggelam ditelan zaman. Diharapkan, jejak prestasi yang sudah ditorehkan oleh Tjun Tjun dapat diturunkan ke generasi saat ini untuk bisa menorehkan segudang prestasi lainnya di sektor ganda putra.

Beruntung, stok ganda putra Indonesia terus beregenerasi. Buktinya, peringkat satu dan dua bulu tangkis saat ini ditempati ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. {okezone}