MotoGP 2021: Quartararo Menang Mudah, Marquez Kecelakaan, Valentino Rossi Di Luar 10 Besar

Hasil race MotoGP Inggris 2021 pada akhirnya dimenangkan oleh pembalap Tim Monster Energy Yamaha, yakni Fabio Quartararo. Start dari posisi ketiga, Quartararo dengan cepat menguasai balapan dan memimpin dengan nyaman hingga race berakhir.

Pada balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada Minggu (29/8/2021) itu, Quartararo finis dengan jarak yang cukup jauh,

Sementara di posisi kedua dikuasai oleh Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan di urutan ketiga menjadi milik Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) yang memberikan podium pertaman untuk tim asal Italia tersebut.

Lalu bagaimana dengan Marc Marquez dan Valentino Rossi? Marquez harus rela melepaskan MotoGP Inggris 2021 lantaran kecelakaan di lap pertama. Sedangkan Rossi finis di urutan ke-18 meski mengawali race dari peringkat kedelapan.

Jalannya Balapan

Pada awal balapan, Pol Espargaro sukses memanfaatkan pole position-nya dengan sangat baik. Ia langsung melaju kencang dan meninggalkan kelompok yang berada di belakangnya.

Sementara itu, saudara Pol, yakni Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) justru sanggup merebut tempat kedua. Di saat yang lain sedang mencoba mengejar Pol, Marc Marquez (Repsol Honda) dan Jorge Martin (Pramac Ducati) terlibat insiden di tikungan kesembilan.

Marquez yang mencoba menyalip Martin justru membuat kedua motor mereka bersenggolan hingga akhirnya terpeselet bersama. Martin yang terjatuh mencoba bangkit dan berhasil menyalakan motornya, namun pada akhirnya tetap tak bisa melanjtukan.

Sedangkan Marquez terlihat kesulitan untuk menyalakan mesin motor RC213V miliknya tersebut. Alhasil, Marquez harus ikhlas melepaskan balapan MotoGP Inggris 2021 lebih cepat.

Kembali ke kelompok terdepan balapan. Pol masih terus memimpin jalannya balapan di Sirkuit Silverstone tersebut, bahkan hingga balapan menyisakan 18 lap lagi. Sementara di peringkat kedua kini sudah dikuasai oleh Fabio Qutararo (Monster Energy Yamaha).

Quartararo terus membuntuti Pol hingga pada akhirnya sanggup menyalip rider Honda itu ketika balapan tinggal menyisakan 15 lap lagi. Sejak saat itu, Quartararo di urutan pertama, Pol berada di posisi kedua, dan Espargaro di peringkat ketiga.

Sejak memimpin balapan, Quartararo melaju sangat kencang sehingga sulit terkejar. Sedangkan Pol justru tampil melemah hingga akhirnya disaling oleh Espargaro dan Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Rins lalu mampu menyalip Espargaro dan menguasai posisi kedua. Dengan begitu Espargaro dan Pol kini saling berebut podium ketiga disisa lap yang ada. Bagaimana dengan Quartararo? El Diablo tampaknya nyaman memimpin balapan dengan jarak hampir 3,4 detik.

Ketika Rins, Espargaro dan Pol saling berebut posisi podium kedua dan ketiga, muncul dari belakang Jack Miller (Ducati Lenovo). Miller bahkan tak butuh waktu lama untuk menguasai posisi keempat dari Pol.

Hingga balapan berakhir, posisi tak banyak berubah. Quartararo di peringkat pertama, Rins kedua, Espargaro di urutan ketiga, dan Miller di posisi keempat.

Berikut Hasil Race MotoGP Inggris 2021:

1 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

2 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

3 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

4 Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)

5 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)

6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

7 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)

8 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

9 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

10 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)

11 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)

12 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)

13 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

14 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)

15 Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)

16 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

17 Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha (YZR-M1)

18 Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

19 Jake Dixon GBR Petronas Yamaha (YZR-M1)

Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)

Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) {okezone}