Tekno

Heboh! Mystery Box Di Marketplace, Bisnis Lottery Abal-Abal Dengan Hasil Zonk

0

Mystery Box menjadi sebuah tren baru di marketplace. Dengan membayar sejumlah uang tertentu, pembeli akan mendapatkan barang yang benar-benar misterius alias tidak terduga.

Namun sayangnya, tren mystery box ini malah dimanfaatkan oleh oknum penjual yang tidak bertanggung jawab.

Salah satunya dibeberkan oleh akun Twitter @jnessy_. Ia membuat thread bagaimana mereka yang menjual mystery box menjalankan bisnis-nya dengan hanya modal nyetok aksesoris murahan dan review palsu.

Di cuitan awalnya, ia membagikan gambar tangkapan layar sebuah toko yang menjual mystery box. Di toko tersebut terlihat gambar tumpukan kotak iPhone yang dijual dengan harga hanya Rp 11 ribu.

Dalam kolom komentar yang ia bagikan, terlihat banyak yang mengatakan bahwa toko tersebut melakukan penipuan. Para korbannya mengatakan bahwa yang mendapatkan iPhone dan melakukan review adalah teman-temannya sendiri untuk pancingan agar ramai pembeli.

“Iseng cek yang jualan mystery bos di e-commerce. gila juga modelan bisnis lottery abal2 gini bisa dapet omset bersih ratusan juta dalam waktu beberapa bulan dengan cuma modal nyetok aksesoris murahan dan review palsu,” cuit @jnessy_

Kemudian ia melanjtukan twit nya yang menyebut bahwa ada review yang mengupload 2 produk yang berbeda. Terlihat dari tangkapan layarnya, satu ponsel bermerek Android dan satu lagi dari Apple.

“Soal mystery box, ini yang review ntah mungkin karena lagi mager nyiapin template sampe lupa kalau dia upload 2 produk yang berbeda,” tulisnya.

Ia lalu membagikan tangkapan layar berupa chat yang dilakukan antara pembeli dan pihak penyedia layanan. Namun, pertanyaan belum dijawab malah muncul tulisan “terjadi kesalahan server, mohon coba lagi nanti. (2001)”.

“lah ya gimana mau ditingak wong aplikatornya sendiri gnasih layanan khusus buat seller lain yang jual beginian juga,”

“Ya sudah lah mau gimana lagi. memang udah takdirnya maish banyak stok orang yang gampang kecemplung produk e-commerce bernama mystery box.” tuturnya.

Ia mengaku sedih melihat scamming terang-terangan yang dilakukan bisa tumbuh subur tanpa adanya pencegahan dari pihak aplikator. Lalu ia memberikan tips bagi yang ragu barang yang diterima ternyata palsu.

“Tips buat yang curiga abrang yang dibeliternyata fake; jangan langsung klik terima barang tapi bikin video unbpxing dulu sambil kasih penjelasan kalau yang dibeli barang palsu. Selama masih ada garansi dari aplikator ada kesempatan dana direfund.

Thread ini lantas mendapat banyak respon dari para warganet. Mereka juga mempertanyakan bagaimana bisa ada yang percaya dengan penawaran barang mewah dengan harga murah.

“Ada yang percaya beli ginian aja udah aneh. Warga indonesia dengan segala keanehannya. Pasarnya ada, ya penipu modelan gini ya pasti tumbuh subur. Kalo gaada yang beli yauda bakal hilang sendiri,” kata @hrstrz_.

“Jualan mimpi emang laris sih. Mau bentuknya lotre, investasi atau ag,” ujar @IqbalTek.

“ya buyernya aja yag antara nganggur atau emng bego… atau mungkin mikirnya ‘halah cuma 20ribuan aja, siapa tau beneran dapet barang bagus,” tutur yang lain.

“Mohon maaf nih ya sebelumnya, tidak bermaksud menyinggung siapapun. Tapi apa yang diharapkan dari mistery box seharga 11k? dapet hp kayaknya juga gabakal mungkin,” kata @ppoooww. {sindo}

Golkar Harap Kerja Sama Dengan Anies Baswedan Hingga Tahun 2024

Previous article

Tretan dan MLI Selama Ini Tahu Coki Pardede Pakai Sabu Tapi Pilih Bungkam, Ini Alasannya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *